Clariza Ardya Pramesti Trissenda, mahasiswi Program Studi Desain Produk Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta berhasil meraih penghargaan Indonesia Industrial Design Student Award (IIDSA) ke-5 pada tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Forum Program Studi Desain Produk Indonesia terafiliasi Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) pada tanggal 10 Oktober 2024 di Gedung Jakarta Design Center. Melalui karya desain produk berjudul ‘Sarana Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas 2 Sekolah Dasar’, Clariza meraih penghargaan untuk kategori Design Solution with Educational Purpose. Dalam pengembangan karya desain produk tersebut, Clariza dibimbing oleh Marcellino Aditya Mahendra, S.Ds., M.Sc., dan Centaury Harjani, S.Ds., M.Sn. Dosen Desain Produk UKDW.
Clariza menyebutkan penelitian dilakukan bersama guru matematika kelas 2 Sekolah Dasar Negeri (SDN) Klitren. Materi “Penjumlahan dan Pengurangan Bersusun” menjadi materi matematika paling dasar dan paling penting untuk dikuasai oleh setiap siswa karena memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan sehari-hari. Materi “Perkalian dan Pecahan Sederhana” menjadi materi matematika yang paling sulit untuk diajarkan karena membutuhkan penalaran kognitif untuk bisa menerjemahkan konsep-konsep matematika yang abstrak, apabila tidak diimbangi dengan media pembelajaran yang memadai.
“Pengembangan desain media pembelajaran ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelas 2 SD dan juga meningkatkan ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran matematika melalui pola pembelajaran yang interaktif antar teman ataupun guru pengampu. Produk ini menjawab permasalahan dari anak-anak yaitu, rendahnya minat dalam belajar matematika dan kesulitan dalam memahami konsep berhitung dasar. Produk terbagi dari 2 bagian, bagian pertama adalah mainan yang mengajarkan konsep tambah kurang, sedangkan produk kedua mengajarkan konsep kali bagi,” terangnya.
Menurut Marcellino Aditya Mahendra, S.Ds., M.Sc. selaku pembimbing pertama dari Clariza mengatakan dirinya sangat bangga dengan prestasi Clariza yang berhasil meraih penghargaan IIDSA ke-5 tahun 2024. Penghargaan ini merupakan bukti nyata dari kerja keras, dedikasi, dan kreativitas Clariza dalam mengembangkan sarana pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelas 2 SD. Karya Clariza ini menawarkan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan dalam pembelajaran matematika di tingkat dasar, khususnya pada materi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pecahan sederhana dengan mengkombinasikan gaya belajar kinestetik untuk menimbulkan pembelajaran yang menyenangkan.
“Selain itu, Clariza juga dengan cermat merancang media pembelajaran interaktif yang mampu meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika yang seringkali dianggap abstrak dan sulit. Melalui visual media dengan berbagai warna, membuat para siswa lebih semangat dan tertarik untuk belajar matematika dasar,” ungkapnya.
Selain Clariza Ardya Pramesti Trissenda terdapat dua mahasiswa Desain Produk UKDW yang menjadi nominator penganugerahan IIDSA 2024 yakni Gregorius Lunsa dan Hana Maria. Hasil karya mahasiswa-mahasiswa Desain Produk UKDW telah dikurasi dan mengikuti pameran karya secara daring di Jakarta Design Center. Dalam ajang IIDSA 2024, dewan juri memberikan apresiasi dan harapan agar Program Studi Desain Produk di Indonesia semakin produktif dalam menghasilkan karya-karya desain yang tidak hanya berorientasi pada publikasi ilmiah, tetapi juga memiliki nilai guna yang nyata bagi masyarakat luas. [FAD/Clariza]

Pin It on Pinterest

Share This