Empat mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan edukasi mengenai digital marketing dalam kewirausahaan serta manajemen kewirausahaan yang optimal seperti algoritma dan copywriting, maupun workshop dan pelatihan visual konten media sosial kepada kelompok Karang Taruna Adipati Anom di Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.
Hal ini dilakukan karena dampak pandemi Covid-19 yang sangat mempengaruhi perekomonian masyarakat khususnya Karang Taruna Adipati Anom yang memfasilitasi masyarakat sekitar yang memiliki usaha bisnis katering. Sebelumnya usaha tersebut berkembang dengan cukup baik, namun sejak pandemi berlangsung, usaha menjadi terkendala karena tidak mendapatkan pemasukan tetap untuk mencukupi kebutuhan.
Setelah melakukan pengamatan, ternyata Karang Taruna Adipati Anom kurang memanfaatkan digital marketing untuk menunjang penjualan usaha mereka. Oleh karena itu, tim mahasiswa UKDW yang terdiri dari Karen Jeanira Wahyudi (Prodi Informatika), Marschelia Hardika Puteri (Prodi Manajemen), Eka Daffa Sadewa (Prodi Arsitektur), dan Andrea Christian Pirlo (Prodi Sistem Informasi) lantas menyusun program berjudul “Edukasi Optimalisasi Manajemen Kewirausahaan dan Pemanfaatan Digital Marketing Pasca Pandemi Kepada Karang Taruna Adipati Anom”. Dengan bimbingan Martha Lusiana, S.S. M.A. selaku Dosen Mata Kuliah Humaniora UKDW, proposal yang diajukan oleh tim ini berhasil mendapatkan hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Skema Pengabdian Masyarakat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.
Karen Jeanira Wahyudi selaku ketua tim menjelaskan program ini memiliki banyak manfaat dan dapat memberikan dampak yang bagus ke depannya. “Program ini akan memudahkan Karang Taruna Adipati Anom dalam memasarkan usaha, produk, serta meningkatkan rasa percaya diri mereka untuk membina masyarakat sekitar sehingga bisa memaksimalkan potensi yang ada dalam berkarya,” terangnya.
Karen berharap melalui program tersebut, Karang Taruna Adipati Anom dapat memahami manajemen kewirausahaan dan memanfaatkan digital marketing dengan optimal sehingga usaha yang sudah mereka rintis dapat semakin berkembang. (FTI/KJW)