Mata Kuliah Humaniora (MKH)
Keterangan Unit
- Nama Unit : Mata Kuliah Humaniora (MKH)
- Berdiri : 2 Juli 2007
- SK Pendirian : SK Rektor Nomor 019/B.07b/UKDW/2007
- Alamat : Gedung Agape Lt. 5, Jln. Dr. Wahidin 5-25, Yogyakarta 55224
- Telp : 0274-563929 ext. 521
- Jam layanan : 07.30 – 15.00 WIB
Deskripsi Singkat
Unit Mata Kuliah Humaniora (MKH) merupakan unit yang berfungsi mengembangkan kompetensi umum mahasiswa yang berkenaan dengan pengembangan karakter dan ketrampilan bermasyarakat yang melengkapi kompetensi profesional melalui penyelengaraan mata kuliah humaniora yang dikoordinasikan dengan Fakultas dan Program Studi di UKDW.
Unit MKH disahkan sebagai unit pada tanggal 2 Juli 2007 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor UKDW Nomer 019/B.07b/UKDW/2007. Pengesahan ini memberikan landasan bagi penyelengaraan sebuah unit pendukung kegiatan akademik yang sudah dimulai sejak berdirinya UKDW pada tahun 1985.
Visi
Menjadi unit pendukung kegiatan akademik yang mampu membekali mahasiswa dalam pengembangan profesi secara mandiri dengan landasan nilai-nilai Kedutawacanaan di dalam konteks masyarakat yang plural
Misi
- Menyelenggarakan mata kuliah yang memberikan keseimbangan antara pendidikan profesional dan pendidikan nilai ciri khas UKDW
- Mengembangkan mata kuliah melalui pengayaan metode dan materi pembelajaran agar menjadi sarana pembelajaran nilai-nilai spiritual dan kemasyarakatan yang dinamis dan menyenangkan.
- Memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang bersifat lintasdisiplin di UKDW
- Mengembangkan hubungan kerjasama dengan perguruan tinggi yang memiliki unit serupa maupun lembaga lain dalam penyelenggaraan pengajaran mata kuliah humaniora.
Tujuan
- Mendukung Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta mengembangkan jejaring;
- Melaksanaan penerapan nilai-nilai UKDW melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi; dan
- Mengembangan Kompetensi Umum mahasiswa melalui mata kuliah humaniora:
1. Bidang Spiritualitas dan Moral
2. Bidang Pengembangan Wawasan Berbangsa dan Bernegara
3. Bidang Pemahaman Lintas-Disiplin
Layanan Unit
Unit Mata Kuliah Humaniora menyelenggarakan pembelajaran Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK) dan mata-mata kuliah pilihan yang dimasukkan ke dalam tiga kelompok bidang berdasarkan fokus kajiannya, yaitu Bidang Spiritual dan Moral, Bidang Pengembangan Wawasan Berbangsa dan Bernegara, dan Bidang Pemahaman Lintas-Disiplin.
Sifat | Nama Mata Kuliah | Kelompok | Prasyarat | Aras | Bobot |
W | ● Pendidikan Agama Kristen | Bidang Spiritualitas dan Moral | 0 SKS | I | 3 SKS |
P | ● Etika | PAK minimal C dan 60 SKS | III | 3 SKS | |
W | ● Bahasa Indonesia | Bidang Pengembangan Wawasan Berbangsa dan Bernegara | 0 SKS | I | 3 SKS |
W | ● Pendidikan Kewarganegaraan | 0 SKS | I | 3 SKS | |
W | ● Pendidikan Pancasila | 40 SKS | II | 3 SKS | |
P | ● Pendidikan HAM dan Demokrasi | 40 SKS | II | 3 SKS | |
P | ● Pendidikan Perdamaian | Bidang Pemahaman Lintas Disiplin | 60 SKS | II | 3 SKS |
P | ● Interaksi Manusia dan Alam | 40 SKS | III | 3 SKS | |
P | ● Apresiasi Budaya | 60 SKS | III | 3 SKS | |
P | ● Apresiasi Seni | 40 SKS | II | 3 SKS | |
P | ● Apresiasi Musik | 40 SKS | II | 3 SKS |
Mata Kuliah Humaniora
1. Bidang : Spiritualitas dan Moral
a. Nama Matakuliah : Pendidikan Agama Kristen (PAK)
Deskripsi Matakuliah : Mata kuliah ini mencakup tinjauan beberapa bidang ilmu, misal sejarah, sosiologi, psikologi fenomenologi agama, dan teologi agama-agama terhadap pemahaman dan kehidupan beragama, khususnya agama Kristen. Di dalam proses perkuliahan ini, mahasiswa dihadapkan pada pemikiran-pemikiran kritis sumbangan bidang-bidang tersebut. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu memanfaatkan pemikiran kritis itu sebagai sarana pengembangan kedewasaan kepribadiannya guna membangun perdamaian di dalam kemajemukan hidup beragama.
b. Nama Matakuliah : Etika
Deskripsi Matakuliah : Mata kuliah ini menyajikan konsep dasar Etika secara teoritis, dan kemudian mengamati secara faktual apa yang terjadi sehubungan dengan tindakan manusia, sebagai pelaku, yang berbuat. Kebaikan dan keburukan adalah sebagai tindakan manusia, dianalisis secara etis. Apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh manusia akan dilihat sebagai penghayatan terhadap ilmu etika tersebut.
2. Bidang : Pengembangan Wawasan Berbangsa dan Bernegara
a. Nama Matakuliah : Bahasa Indonesia
Mata kuliah ini mencakup aktivitas membaca dan menulis. Mahasiswa dibimbing untuk dapat berpikir kritis melalui aktivitas membaca artikel dan merefleksikannya. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu menyusun artikel argumentasi yang sistematis dalam bahasa Indonesia yang baik dan efektif berdasarkan kriteria yang sudah diberikan di kelas.
b. Nama Matakuliah : Pendidikan Kewarganegaraan
Deskripsi Matakuliah : Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar relasi antara negara dan warga negara, dengan membahas masalah-masalah aktual yang terjadi dalam hubungan keduanya. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa menyimpulkan arti pentingnya menjadi warga negara yang mampu mengetahui dan memperjuangkan hak-hak yang dimilikinya sekaligus menjalankan kewajibannya sebagai warga negara Indonesia yang bertanggung-jawab dalam rangka membangkitkan rasa cinta tanah air.
c. Nama Matakuliah : Pendidikan Pancasila
Deskripsi Matakuliah : Mata kuliah ini membahas Pancasila dari aspek sosial, historis, filosofis. Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan menyimpulkan, menentukan, dan menerjemahkan arti penting nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi menghadapi permasalahan bangsa dan tantangan sosial lainnya.
d. Nama Matakuliah : Pendidikan HAM dan Demokrasi
Deskripsi Matakuliah : Mata kuliah ini menjabarkan nilai-nilai solidaritas kemanusiaan yang bersifat universal yang telah dikuatkan oleh Deklarasi Umum PBB. Indonesia telah meratifikasi sebagian besar perjanjian internasional (konvensi) HAM, maka pengetahuan tentang konsep dan praktik HAM diperlukan sebagai sarana menumbuhkan sikap kritis terhadap kebijakan dan praktek perlindungan HAM. Pada akhir mata kuliah ini mahasiswa dapat mengidentifikasi pelanggaran HAM berdasarkan deklarasi umum PBB, Kovenan Hak SIPOL dan Hak EKOSOB serta menyusun alternatif pencegahan dan penanganan pelanggaran HAM.
3. Bidang : Pemahaman Lintas-Disiplin
a.Nama Matakuliah : Pendidikan Perdamaian
Deskripsi Matakuliah : Mata kuliah ini mencakup tinjauan teori dan praktik untuk membangun perdamaian. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi sumber-sumber konflik dan perdamaian yang ada di masyarakat dan menerapkan simulasi negosiasi dan mediasi, ritual perdamaian, menjadi anggota dalam asosiasi, serta menyusun tulisan berdasarkan refleksi atas pengalaman perkuliahan.
b. Nama Matakuliah : Interaksi Manusia dan Alam
Deskripsi Matakuliah : Mata kuliah ini membahas konsep dasar interaksi antara manusia dan lingkungannya serta dampak yang ditimbulkan dari interaksi keduanya. Pada akhir mata kuliah ini mahasiswa dapat mengidentifikasi permasalahan mendasar dari perilaku manusia dan mampu mengambil bagian dalam upaya perbaikan diri sendiri dan kerusakan yang telah ditimbulkan dari interaksi dua pihak dalam skala sederhana sesuai standar yang diberikan.
c. Nama Matakuliah : Apresiasi Budaya
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengeksplor aspek-aspek kehidupan budaya dalam hubungan antar masyarakat masa kini yang menyangkut liyan dan diri sendiri. Pengertian apresiasi dan apropriasi budaya akan digunakan sebagai alat pembanding dalam melihat keragaman budaya dan konsekuensinya di dunia yang tanpa batas ini. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengenali dan memahami ‘cara berada’ yang belum tentu milik kita melalui analisis sederhana terhadap suatu fenomena budaya sebagai gambaran tentang apresiasi masyarakat masa kini terhadap budaya Indonesia baik dalam bentuk visual dan/atau teks (ditentukan kemudian).
d. Nama Matakuliah : Apresiasi Seni
Deskripsi Matakuliah : Seni adalah suatu karya kreatif yang diciptakan oleh manusia yang berasal dari ide, gagasan, perasaan, suara hati, gejolak jiwa, yang diwujudkan atau diekspresikan, melalui unsur-unsur tertentu, yang bersifat indah untuk memenuhi kebutuhan manusia yang sifatnya tak terbatas. Mata kuliah ini menjelaskan tentang arti dan makna seni sebagai bagian dari hasil karya manusia dan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Seni itu indah, seni itu unik dan membawa manfaat yang dapat memuaskan, bahkan menakjubkan sebagai karya yang dapat dinikmati manusia.
e. Nama Matakuliah : Apresiasi Seni Musik
Deskripsi Matakuliah : Seni adalah bagian dari hasil karya dan kreasi manusia. Dan seni adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Seni itu indah. Seni itu bermanfaat bagi manusia. Musik adalah salah satu seni yang dapat mengungkapkan isi hati. Musik sebagai salah satu seni yang difungsikan sebagai sarana hiburan atau kesenangan. Selain itu musik juga dapat bermanfaat sebagai pengetahuan, pendidikan bahkan terapi dalam berbagai penyakit. Secara sempit musik sering digunakan sebagai gengsi dan status. Misalnya jenis musik tertentu dapat memberi isyarat bahwa seseorang ditempatkan pada status dan kelas tertentu: kelas kampungan, kuno, orang tua, anak muda, selebriti, borjuis, dll. Kelas-kelas tersebut biasanya dihubungkan dengan jenis musik yang mereka sukai, mulai dari musik: klasik, country, jazz, disco, kroncong, dangdut, tradisional, folksong dll. Apresiasi Musik perlu diupayakan untuk dapat melihat secara obyektif segala jenis musik yang disukai setiap pencintanya. Bila seseorang hanya dapat menikmati jenis musik tertentu, maka melalui apresiasi ini diharapkan setiap orang dapat menikmati keindahan jenis musik yang begitu banyak ragamnya.
Pejabat dan Staff
Raden Bima Adi, M.Th, MA, Ph.D
Pendidikan:
S1 : Fakultas Theologia, UKDW Yogyakarta
S2 : Magister Theologiae Program Pascasarjana UKDW
S2 : M.A,, Vrije Universiteit, Amsterdam
S3 : Ph.D., Vrije Universiteit, Amsterdam
Dra. Alviani Permata, M.Hum
Pendidikan:
S1 : Fak. Sastra, UGM Yogyakarta;
S2 : Program Studi Antropologi, UGM Yogyakarta
Dra. Jeanny Dhewayani, MA, Ph.D
Pendidikan:
S1 : Fak. Ilmu Pendidikan, Jurusan Bhs. Inggris, IKIP Sanata Dharma;
S2 : Departement of Archeology, University of New Mexico;
S3 : Departement of Anthropology, The Australian National University;
Dra. Krisni Noor Patrianti, M.Hum
Pendidikan:
S1 : Filsafat, UGM Yogyakarta;
S2 : Filsafat, Pascasarjana Ilmu-ilmu Humaniora, UGM Yogyakarta
Dra. Endah Setyowati, M.Si., M.A
Pendidikan:
S1 : Jurusan Sejarah, Fak. Ilmu Budaya, UGM Yogyakarta;
S2 : Magister Perdamaian dan Resolusi Konflik, UGM Yogyakarta;
S2 : Coexistence and Conflict, the Heller School of Social Policy and Management, Brandeis University, Waltham, Massachusetts, USA ;
Hendra Sigalingging, S.S., M.Hum
Pendidikan:
S1 : Fak. Sastra, Porgram Studi Sastra Indonesia, USD Yogyakarta;
S2 : Ilmu Religi dan Budaya, USD Yogyakarta
Martha Lusiana, S.S., M.A.
Pendidikan:
S2 : Linguistik, Universitas Gadjah Mada
S1 : Sastra Indonesia, Universitas Gadjah Mada
Vania Sharleen Setyono, M.Si.TEOL
Pendidikan:
S1 : Teologi, Universitas Kristen Duta Wacana;
S2 : Magister Teologi, Universitas Kristen Duta Wacana;
Tujiyana
Staff PPA MKH
Pendidikan:
SMEA 1 Bantul Yogyakarta