Direktorat Penjaminan Mutu Institusi –

Directorate of Institution Quality Assurance (InQA)

Keterangan Unit

  • Nama Unit             : Direktorat Penjaminan Mutu Institusi – Directorate of Institution Quality Assurance (InQA)
  • Tanggal Berdiri       :  31 Oktober 2005 (SK Rektor 016/B.07.b/UKDW/2005)
  • Tanggal Restrukturisasi : 1 April 2024 (SK Rektor 022/B.02/UKDW/2024)
  • Alamat                 :  Gedung Gnosis Lt. 1 Universitas Kristen Duta Wacana Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 5 – 25 Yogyakarta 55224
  • Telepon                     :  0274 – 563 929 ext. 114
  • Jam Layanan            :  07.30 – 15.30 WIB
  • Email                          :  

Deskripsi Singkat

InQA singkatan dari Institution Quality Assurance. Bila dibaca dengan cepat, singkatan itu berbunyi “INKA”, yang mengacu pada peradaban INCA.

INCA mengacu pada suatu suku bangsa Indian di Amerika tahun 1200-1533 (Kerajaan Inca), berpusat di Cuzco Peru, dan mempunyai peradaban yang indah—terutama tampak pada Sistem Organisasi dan Tata Perkotaannya. Kehebatan penataan dan organisasi penyusunan kota mereka yang kompleks dan sangat memperhatikan lingkungan ini menginspirasi kerja InQA.

Berdasarkan SK Rektor UKDW No. 016/B.07.b/UKDW/2005, InQA UKDW dibentuk pada tanggal 31 Oktober 2005 – Bersamaan dengan Dies Natalis UKDW yang ke 43 – sebagai realisasi kesadaran pengelola institusi untuk mempertahankan, meningkatkan dan memperbaharui mutu pendidikan secara berkelanjutan di UKDW. Selain itu, berdirinya InQA juga didorong oleh kebijakan Dikti dan BAN-PT yang mengungkapkan bahwa bila lebih dari 75% dari program studi yang ada di Perguruan Tinggi telah mencapai nilai B atau A, maka pihak Perguruan Tinggi wajib memiliki Lembaga Penjaminan Mutu yang akan diakreditasi sehingga mampu menyelenggarakan akreditasi internal terhadap program studinya sendiri.

Pada 1 April 2024 berdasarkan SK Rektor 022/B.02/UKDW/2024, InQA memperluas cakupan layanan dengan berganti struktur menjadi Direktorat Penjaminan Mutu Institusi. Direktorat Penjaminan Mutu Institusi merupakan penggabungan dari Unit InQA dan Unit Audit Internal.

Visi

Menjadi direktorat yang menjamin terlaksananya sistem penjaminan mutu yang berkelanjutan sebagai pertanggungjawaban institusi terhadap para pemangku kepentingan.

Misi

  1. Membangun, memelihara dan meningkatkan kesadaran dan komitmen pengelola institusi terhadap mutu pendidikan.
  2. Menggerakkan institusi untuk menetapkan standar dan membuat instrumen penilaian diri (self-assessment).
  3. Memastikan terjadinya kegiatan monitoring dan evaluasi mutu internal secara teratur.
  4. Menetapkan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi untuk UKDW.
  5. Melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi untuk UKDW secara berkelanjutan.

Tugas dan Tanggung Jawab

No. Posisi Deskripsi
1. Direktur

Bertanggung jawab terhadap semua pekerjaan pada Direktorat Penjaminan Mutu Institusi. Direktur melakukan fungsi manajerial pengelolaan direktorat dan melakukan koordinasi dengan Wakil Rektor, Auditor Internal, Fakultas, Program Studi dan Unit Kerja Lain.

2.

Koordinator Bidang Akademik

Koordinator mengoordinasi pelaksanaan penjaminan mutu institusi untuk pendidikan/pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam pelaksanaan tugasnya Koordinator dibantu oleh Tim InQA Prodi dan Auditor Internal untuk melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Koordinator bertanggung jawab untuk melakukan monitoring terhadap Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) dari institusi dan program studi. Koordinator juga akan berkoordinasi dengan seluruh unit kerja yang berhubungan dengan kegiatan akademik diantaranya: LPAIP, LPPM, MKH, PPB, dan lainnya.
3.

Koordinator Bidang Non-Akademik

Koordinator mengoordinasi pelaksanaan penjaminan mutu institusi untuk bidang non-akademik meliputi pengelolaan organisasi, sumber daya manusia, kerja sama, kemahasiswaan, kesejahteraan, sarana prasarana, dan keuangan. Dalam pelaksanaan tugasnya Koordinator harus memperhatikan aturan terkait dengan audit keuangan, standar akuntansi, dan peraturan perpajakan. Koordinator bertanggung jawab untuk melakukan SPMI pada unit kerja di lingkungan UKDW. Koordinator juga akan berkoordinasi dengan seluruh unit kerja yang berhubungan kegiatan non-akademik diantaranya: Biro III, Biro IV, PSDM, Biro II, audit, internal, dan lainnya.
4. Staf Staf berfungsi untuk mendukung dalam pengelolaan dokumen-dokumen kegiatan SPMI, dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk SPME, dan administrasi kantor termasuk administrasi keuangan dari Direktorat Penjaminan Mutu.

Fungsi

  1. Mendukung rektorat dalam membuat/merevisi kebijakan/peraturan.
  2. Menyediakan dokumen akademik dan dokumen mutu di seluruh tingkatan institusi serta koordinasi perevisiannya.
  3. Menyediakan dokumen akademik dan dokumen mutu di seluruh tingkatan institusi serta koordinasi perevisiannya.
  4. Memantau proses pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi sesuai standar yang telah ditetapkan.
  5. Menyosialisasi hasil temuan kepada yang berkepentingan untuk evaluasi dan perbaikan.
  6. Membangun kesadaran kualitas pada sivitas akademika.
  7. Mengoordinasi pelaksanaan Audit Mutu Internal.
  8. Memantau pelaksanaan akreditasi institusi dan program studi.
  9. Menjembatani institusi dengan lembaga penjaminan mutu eksternal.

Tujuan

Akuntabilitas (accountability)

Memberikan pertanggungjawaban mutu sesuai dengan standar pendidikan tinggi sehingga tercapai kepuasan pemangku kepentingan.

Peningkatan kualitas berkelanjutan (continuous quality improvement)

Mengevaluasi, mengendalikan, dan meningkatkan kinerja institusi secara terus menerus sehingga terjadi peningkatan kualitas yang berkelanjutan.

Rekognisi (Recognition)

Mendapat pengakuan kualitas melalui pencapaian status akreditasi untuk meningkatkan daya saing dan reputasi institusi.

Pendampingan strategis (closely assisting leaders)

Mendampingi para pemimpin institusi untuk melaksanakan fungsinya masing-masing demi tercapainya tata kelola universitas yang baik.

Layanan

  1. Evaluasi kualitas pengajaran dosen (eQ360° UKDW).
  2. Evaluasi kualitas perkuliahan (IP Dosen).
  3. Koordinator Pelaksana Audit Mutu Internal (AMI) Prodi dan Unit di UKDW.
  4. Pengendali SPMI di UKDW.
  5. Supervisi persiapan akreditasi prodi dan unit.

Daftar Auditor Audit Mutu Internal (AMI) UKDW

Berdasarkan SK Rektor No. 064/B.02/PSDM/2019 tentang “Pengangkatan Personel Auditor Audit Mutu Internal (AMI)”, UKDW memiliki 45 Auditor AMI:

Nama
Fakultas/Unit Nama
Fakultas/Unit
Adaninggar Septi Subekti, M.Sc. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Aditya Wikan Mahastama, S.Kom., M.Cs. Fakultas Teknologi Informasi
Aloysius Airlangga Bajuadji, S.Kom., M.Eng. PUSPINdIKA Andreas Winardi, M.A. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Astuti Yuli Setyani, SE., MSi. Ak Fakultas Bisnis Dr. Andreas Ari Sukoco, M.M.,M.Min Fakultas Bisnis
dr. Arum Krismi, M.Sc., Sp.KK Fakultas Kedokteran Dr. Charis Amarantini, M.Si. Fakultas Bioteknologi
Dr. Dhira Satwika, M.Sc. Fakultas Bioteknologi Dr. Guntoro Fakultas Bioteknologi
Dr. Singgih Santoso, M.M. Fakultas Bisnis dr. The Maria Meiwati Widagdo, Ph.D. Fakultas Kedokteran
Dra. Agustini Dyah Respati, MBA Fakultas Bisnis Dra. Ambar Kusuma Astuti, M.Si. Fakultas Bisnis
Dra. Aniek Prasetyaningsih, M.Si. Fakultas Bioteknologi Dra. Mega Wati, M.Pd. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Dra. Putriana Kristanti, MM., Akt, CA Fakultas Bisnis Dra. Umi Murtini, M.Si. Fakultas Bisnis
drg. Suryani Hutomo, M.D.Sc Fakultas Kedokteran Dr-Ing. Wiyatiningsih, S.T., M.T. Fakultas Arsitektur dan Desain
Drs. Kisworo, M.Sc. Fakultas Bioteknologi Drs. Purnawan Hardiyanto, M.Ec.Dev Fakultas Bisnis
Drs. Purwanto, S.T., M.T. Fakultas Arsitektur dan Desain Drs. Wimmie Handiwidjojo, MIT Fakultas Teknologi Informasi
Farsijana Adeney-Risakotta, M.Si., Ph.D. Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat -Fakultas Bisnis Hangudi Widya Hutama, S.Kom Admisi dan Promosi
Hari Widodo Biro 1 Imelda Irmawati Damanik, S.T., MA(UD) Fakultas Arsitektur dan Desain
Ir. Eddy Christianto, M.T., IAI. Fakultas Arsitektur dan Desain Ir. Harianto Kristanto, M.T., M.M Fakultas Teknologi Informasi
Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D. Fakultas Arsitektur dan Desain Joko Purwadi, S.Kom., M.Kom. Fakultas Teknologi Informasi
Katon Wijana, S.Kom., M.T. Fakultas Teknologi Informasi Lussy Ernawati, S.Kom., M.Acc. PUSPINdIKA
Patricia Pahlevi Noviandri, S.T., M.Eng. Fakultas Arsitektur dan Desain Pdt. Wahju Satria Wibowo, Ph.D. Fakultas Teologi
Pdt. Yahya Wijaya, Ph.D Fakultas Teologi Pratomo Nugroho Soetrana, M.A Koordinatorat Mata Kuliah Humaniora
Restyandito, S.Kom, MSIS., Ph.D Fakultas Teknologi Informasi Rosa Delima, S.Kom., M.Kom. Fakultas Teknologi Informasi
Tri Yahya Budiarso, S.Si., M.P. Fakultas Bioteknologi Umi Proboyekti, S.Kom., M.LIS. Fakultas Teknologi Informasi
Willy Sudiarto Raharjo, S.Kom, M.Cs. Fakultas Teknologi Informasi Winta T. Satwikasanti S., S.Ds., M. Sc Fakultas Arsitektur dan Desain
Yetli Oslan, S.Kom., M.T. Fakultas Teknologi Informasi

 

SK dan Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi dan Prodi

 

No. Program Program Studi Status dan Peringkat Akreditasi SK Akreditasi Tanggal Kedaluwarsa
Institusi Universitas Kristen Duta Wacana Unggul BAN-PT 992/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/XI/2023
Tanggal 2023-11-28
2027-09-13
1. Doktor Teologi (Akademik) A BAN-PT 2049/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/D/IV/2020
Tanggal 2020-04-01
2025-04-01
2. Magister Filsafat Keilahian A BAN-PT 1804/SK/BAN-PT/Ak-PNB/M/IV/2021
Tanggal 2021-04-06
2025-11-08
3. Magister Manajemen Baik Sekali LAMEMBA 1189/DE/A.5/AR.10/V/2024
Tanggal 2024-05-03
2029-05-03
4. Magister Arsitektur Baik BAN-PT 3279/SK/BAN-PT/Ak/M/VIII/2023
Tanggal 2023-08-22
2028-08-22
5. Profesi Profesi Dokter Baik Sekali LAM-PTKes 0308/LAM-PTKes/Akr/Pro/V/2022
Tanggal 2022-05-13
2027-05-12
6. Sarjana Filsafat Keilahian A BAN-PT 1803/SK/BAN-PT/Ak-PNB/S/IV/2021
Tanggal 2021-04-06
2025-09-13
7. Sarjana Manajemen B BAN-PT 7104/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2020
Tanggal 2020-11-04
2025-08-30
8. Sarjana Akuntansi B BAN-PT 8870/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VI/2021
Tanggal 2021-06-22
2026-06-18
9. Sarjana Arsitektur Unggul BAN-PT 5548/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/VIII/2024
Tanggal 2024-08-19
2025-12-30
10. Sarjana Desain Produk B BAN-PT 6892/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2020
Tanggal 2020-11-03
2025-11-01
11. Sarjana Informatika B BAN-PT 1808/SK/BAN-PT/Ak-PNB/S/IV/2021
Tanggal 2021-04-06
2025-11-15
12. Sarjana Sistem Informasi Baik Sekali LAM INFOKOM 115/SK/LAM-INFOKOM/Ak/S/VIII/2023
Tanggal 2023-08-18
2028-08-18
13. Sarjana Biologi A BAN-PT 8656/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VI/2021
Tanggal 2021-06-15
2026-06-11
14. Sarjana Kedokteran Baik Sekali LAM-PTKes 0307/LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2022
Tanggal 2022-05-13
2027-05-12
15. Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris Baik Sekali LAMDIK 83/SK/LAMDIK/Ak/S/I/2024
Tanggal 2024-01-04
2029-01-03
16. Sarjana Studi Humanitas Baik
*Akreditasi Otomatis
BAN-PT 482/SK/BAN-PT/Ak.P/S/II/2024
Tanggal 2024-02-21
2026-02-21

Struktur Organisasi

Agenda

[event-list num_events=4 show_filterbar=false link_to_event=false cat_filter=inqa]

Tim InQA Akademik Prodi

berdasarkan SK Rektor No.116/B.02/PSDM/2024
Tim InQA AkademikProdi Nama
Filsafat Keilahian (Program Sarjana) Pdt. Adhika Tri Seubowo, M.Fil.(Koordinator)
Pdt. Devina Widiningsih, M.Th. (Anggota 1)
Kaprodi Filsafat Keilahian (Program Sarjana) (Anggota 2)
Filsafat Keilahian (Program Magister) Pdt. Dr. Asnath Niwa Natar, M.Th. (Koordinator)
Pdt. Prof. Tabita Kartika Christiani, Ph.D. (Anggota 1)
Kaprodi Filsafat Keilahian (Program Magister) (Anggota 2)
Teologi(Program Doktor) Pdt. Dr. Jozef MN Hehanussa (Koordinator)
Pdt. Dr. Wahyu Nugroho, MA. (Anggota 1)
Kaprodi Teologi (Program Doktor) (Anggota 2)
Biologi (Program Sarjana) Dra. Aniek Prasetyaningsih, M.Si. (Koordinator)
Ratih Restiani, S.Si., M.Biotech. (Anggota 1)
Kaprodi Biologi (Program Sarjana) (Anggota 2)
Manajemen (Program Magister) Dr. Heru Kristanto, M.T. (Koordinator)
Kaprodi Manajemen (Program Magister) (Anggota)
 
Akuntansi (Program Sarjana) Dielanova Wynni Yuanita, S.E., M.Sc., BKP (Koordinator)
Servatia Mayang Setyowati, S.Pd., M.Sc. (Anggota 1)
Kaprodi Akuntansi (Program Sarjana) (Anggota 2)
Manajemen (Program Sarjana) Jonathan Herdioko, S.E., M.M. (Koordinator)
Pristanto Silalahi, S.E, MSE. (Anggota 1)
Kaprodi Manajemen (Program Sarjana) (Anggota 2)
Infomatika (Program Sarjana) Maria Nila Anggia Rini, S.T., M.T.I (Koordinator)
Aditya Wikan Mahastama, S. Kom., M.Cs. (Anggota 1)
Kaprodi Informatika (Program Sarjana) (Anggota 2)
Sistem Informasi (Program Sarjana) Katon Wijana, S. Kom., M.T. (Koordinator)
Drs. Jong Jek Siang, M.Sc. (Anggota 1)
Kaprodi Sistem Informasi (Program Sarjana) (Anggota 2)
Arsitektur (Program Magister) Dr.‐Ing. Gregorius Sri Wuryanto P. U., S.T., M.Arch (Koordinator)
Kaprodi Arsitektur (Program Magister) (Anggota)
 
Arsitektur (Program Sarjana) Stefani Natalia Sabatini, S.T., M.T. (Koordinator)
Irwin Panjaitan, S.T., M.T. (Anggota 1)
Kaprodi Arsitektur (Program Sarjana) (Anggota 2)
Desain Produk (Program Sarjana) Drs. Purwanto, ST., M.T. (Koordinator)
Centaury Harjani, S.Ds., M.Sn. (Anggota 1)
Kaprodi Desain Produk (Program Sarjana) (Anggota 2)
Kedokteran (Program Sarjana) dr. Fransiska Galuh Widowati (Koordinator)
dr. Yustina Nuke Ardiyan, M.Biomed (Anggota 1)
Kaprodi Kedokteran (Program Sarjana) (Anggota 2)
Profesi Dokter (Program Profesi) dr. Nanik Kusumaningrum, MPH (Koordinator)
Kaprodi Profesi Dokter (Program Profesi) (Anggota)
 
Pendidikan Bahasa Inggris (Program Sarjana) Adaninggar Septi Subekti, M.Sc. (Koordinator)
Lemmuela Alvita Kurniawati, M.Hum. (Anggota 1)
Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris (Program Sarjana) (Anggota 2)
Studi Humanitas (Program Sarjana) Dra. Endah Setyowati, M.Si., M.A. (Koordinator)
Kaprodi Studi Humanitas (Program Sarjana) (Anggota)
 

Cara Mengisi eQ360°

Cara pengisian kuesioner pada eQ360° dapat dilihat pada link berikut ini

Pembebasan Cekal Mahasiswa

Cekal registrasi bagi mahasiswa yang tidak mengisi kuesioner di eq.ukdw.ac.id. Batas pengisian dapat dicek di kalender akademik. 

Berikut SOP Pembebasan Cekal (Mahasiswa):

Pejabat dan Staff

Pin It on Pinterest

Share This