‘C’ We believe that success lead by the big capital ‘C’. Creative, Connect, Creation, Confident, Collaborate, Challenge, Chance, etc. We want to “see” what word and interpretation that you feel most relatable to you and your reason why you want to join IDEAFEST 2018. Do you see any more ‘C’?? You name it!
Kalimat tersebut dapat kita baca di halaman resmi acara IDEAFEST http://www.ideafest.id yang berlangsung pada tanggal 26-27 Oktober 2018 yang lalu. Ideatalk, Conference, Ideaxperience yang diramaikan oleh Blibli O2O Market, DBS Lyfe Fest, The Nextdev, serta acara Satu Indonesia Awards, dan banyaknya pembicara dari dalam dan luar negeri, membuat acara ini menjadi sangat diminati. Termasuk oleh beberapa mahasiswa Program Studi Desain Produk Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) datang menghadiri acara IDEAFEST di Jakarta Convention Center. Program acara ini berisi konten-konten kreatif dan inspiratif bagi para anak muda Indonesia untuk mengembangkan ide-ide kreasi mereka. Festival kreatif ini menghubungkan dan menginspirasi komunitas kreatif untuk terus ambil bagian melahirkan inovasi baru.
Acara ini dibuka dengan sambutan dari bapak Presiden Jokowi, beliau mengatakan akan keterkejutannya karena ada banyak “lompatan” yang muncul dari anak muda kaum millennial. Beliau berpesan agar anak-anak muda berpikir out of the box, menyusun ide agar menjadi kenyataan. “Smart idea membutuhkan smart excecussion. Ide brilliant perlu eksekusi yang brilliant, ide-ide hanya akan menjadi ide saja tanpa semangat mewujudkannya mau tidak mau perlu berkolaborasi, perencana,pemikir, pencipta, industry, dan pemerintah harus satu garis, kolaborasi diperlukan untuk memenangkan sebuah kompetisi”, kata bapak presiden Jokowi.
Pada acara ini ada pameran produk-produk lokal karya anak bangsa dimana salah satu produknya (PARKA) dikenakan oleh bapak Presiden. Bapak Presiden Jokowi mengatakan bangga akan produk anak-anak muda Indonesia, pesan beliau adalah untuk terus menjaga kualitas yang baik, melihat kebutuhan pasar, mengemas dengan packaging yang baik, selalu mengikuti trend, dan memberikan harga yang baik (competitive price).
Selain diisi oleh sambutan dari bapak Presiden, ada banyak pembicara terkenal yang mengisi acara ini, antara lain:
- Zinnia Nizar, pesannya adalah untuk kita memiliki goal, desain dapat diwujudkan dengan memiliki tujuan. Selain itu memori dan pengalaman juga merupakan sebuah bagian penting dari mendesain, banyak pengalaman visual, lebih variatif pula hasil desain kita. Zinnia juga mengatakan bahwa penting bagi kita untuk menemukan core atau inti dari sebuah masalah yang harus diselesaikan dengan desain. Contohnya dengan metode 5 Whys, yaitu kita dapat menanyakan pada klien atau diri sendiri alasan dari pembuatan sebuah desain. Dengan mengetahui inti masalahnya, kita dapat menyelesaikan masalah yang memang butuh diselesaikan. Serta perlu untuk selalu mau mencoba hal baru yang di luar pemikiran orang lain.
- Sandy Karma, menurutnya karya seseorang harus memiliki sebuah statement atau sesuatu yang mau disampaikan.
- Mayumi Haryoto, karya kita harus tetap memiliki sisi personal dari pembuatnya.
- Arief Yahya (Mentri Pariwisata Indonesia), kalau tidak punya pesaing ciptakan pesaing. Persaingan sekarang bukan yang besar makan yang kecil tapi yang cepat makan yang lambat. Dan di dalam bisnis atau industry kecepatan itu di tunjukan dari pertumbuhan seberapa cepat kita tumbuh. Bisnis kalau tidak ada pesaing maka bisnis kita akan lambat untuk berkembang.
- Ririk Adriansyah (CEO Telkomsel), sesuatu tidak langsung besar tetapi memulai dari kecil. Telkomsel mulai bisnis nya tidak di kota besar. Telkomsel lahir 1995 dimulai dari batam. Apa yang didapat sekarang ini adalah usaha saat masih kecil dulu, ada masa pada awal pertama memulai hampir menyerah, namun saat ini telkomsel sudah memiliki 1 juta pelanggan di Indonesia dan telkomsel menjadi operator seluler terbesar nomor 6 di dunia.
Masih banyak lagi konten menginspirasi lainnya, yang pasti anak muda saat ini harus bangkit dan jangan sampai tertinggal perkembangan jaman. Terus menimba ilmu, temukan ide kreatif, terus bangun jaringan/komunitas, dan berkaryalah. [CH]