Kedokteran
Nama Prodi : Kedokteran
Pertama Kali Operasional : Oktober 2009
Gelar Lulusan : Sarjana Kedokteran [S.Ked]
Akreditasi : “BAIK SEKALI” 0307/LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2022
Alamat : Kantor Fakultas Kedokteran Gedung Logos Lantai 1
Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 5-25, Yogyakarta – Indonesia 55224
Telp : +62-274-563929 Ext. 606
Fax : +62-274-513235
Email :
Deskripsi Singkat
Program Studi Pendidikan Dokter adalah Program Studi yang ada di Fakultas Kedokteran UKDW untuk mendidik dan mempersiapkan mahasiswa untuk menyelesaikan studinya selama 4 tahun, menjadi Sarjana Kedokteran. Program Studi Pendidikan Dokter sudah dimulai sejak 2009. Kurikulum dan proses pembelajarannya berbasis problem dan melakukan pendekatan “student center learning”. Aktifitas pembelajaran melalui Kuliah Pakar, Tutorial, Skills Lab dan Praktikum. Kurikulum yang digunakan awalnya adalah kurikulum 2009 dengan menggunakan sistem Blok. Diakhir tahun keempat, mahasiswa harus sudah selesai menuliskan Karya Tulis Mahasiswa, hasil penelitian yang disebut Skripsi, dengan sudah menyelesaikan KKN dan juga semua Blok yang ada dalam 8 semester. Ditahun 2014 telah disusun Kurikulum baru, sebagai hasil revisi kurikulum 2009, dan sudah diterapkan secara bersamaan. Setelah menyelesaikan semua Blok, dan lulus ujian Blok, KKN, Karya Tulis, maka mahasiswa di wisuda sebagai Sarjana Kedokteran, dengan IPK minimal 3. Setelah lulus ujian OSCE komprehensif, maka mahasiswa dapat melanjutkan ke Program Profesi Dokter.
Visi
Menjadi salah satu program studi kedokteran unggul, kompetitif, dan terpercaya, yang menghasilkan sarjana kedokteran yang berbudi luhur dan mandiri dalam bidang kesehatan untuk masyarakat yang pluralistik berdasarkan kasih.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang kedokteran untuk membentuk generasi dokter yang profesional, mandiri, dan terpercaya, serta mampu menyelesaikan masalah kesehatan penderita, masyarakat dengan mengacu pada sistem pelayanan kesehatan yang berlaku.
- Melaksanakan riset dan menerapkan hasil riset kedokteran agar tercipta dan terbina sivitas akademika kedokteran yang unggul dalam inovasi dan diseminasi ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran.
- Melaksanakan kegiatan pengabdian dalam bidang kesehatan untuk masyarakat yang pluralistik dengan dijiwai oleh kasih.
- Membangun institusi yang unggul dan kompetitif menuju noble medicopreneurial faculty.
- Mengembangkan sivitas akademika yang mengacu pada nilai-nilai kedutawacanaan, nilai moral, spiritual dan etika professional.
Tujuan
- Menyusun dan menyelaraskan kurikulum program studi kedokteran dengan kebutuhan dan perkembangan ilmu kedokteran masa kini dan masa depan.
- Menghasilkan dokter yang mandiri dan mampu mengembangkan profesionalismenya sesuai kode etik dan moral serta nilai nilai kedutawacanaan.
- Mendidik mahasiswa menjadi dokter yang berkualitas dan berintegritas serta memiliki nalar dan kepekaan terhadap perubahan di sekitar.
- Menghasilkan dokter yang mempunyai kemampuan penelitian dan pengembangan bidang ilmu kedokteran sesuai kebutuhan masa depan.
- Mendidik mahasiswa menjadi dokter yang berkualitas dan berintegritas serta memiliki perasaan dan kemauan untuk menin gkatkan kesejahteraan masyarakat
- Mengembangkan kepemimpinan teladan yang berintegritas dan visioner.
- Memiliki tata kelola yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil.
- Meningkatkan penjaminan mutu, dengan melaksanakan semua tugas dengan bertanggung jawab dan akuntabel.
- Meningkatkan peluang jejaring untuk pengembangan fakultas, baik di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian.
- Membina dan mengembangkan pegawai akademik yang berwawasan luas, menyadari keperluan untuk menambah pendidikan, mampu memilih sumber-sumber pendidikan yang serasi, serta dapat menilai kompetensi diri dan kemajuan yang telah dicapai secara kritis
Sasaran
- Terciptanya lulusan dokter yang beretika, mampu bekerja sama, dapat memetakan masalah kesehatan dan merancang penatalaksanaannya.
- Terciptanya program studi kedokteran yang memiliki sistem kerja yang terstruktur, jelas, dan siap melayani secara profesional.
- Terciptanya pegawai akademik yang profesional dan mampu bersaing di bidang kesehatan.
- Terciptanya lingkungan yang dapat mendukung pembelajaran, penelitian, dan inovasi di bidang kesehatan
Daftar Dosen
dr. Widya Christine Manus, M.Biomed.
Pendidikan: S1: Universitas Sam Ratulangi S2: Universitas Udayana email:Jabatan Fungsional Tenaga Pengajar Bidang Kepakaran Histologi Fisiologi Farmakologi Semester Aktif 2021 2020
dr. Adhi Setradian Anto Maria
Pendidikan: S1: Universitas Kristen Duta Wacana email:
dr. Oscar Gilang Purnajati, MHPE
Pendidikan S1: Universitas Gadjah Mada | Pendidikan Dokter Umum S2: Universitas Gadjah Mada | Magister Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan Email
dr. The Maria Meiwati Widagdo, Ph.D.
Dekan Pendidikan: S1: Kedokteran, Universitas Diponegoro S3: Kedokteran, University of Melbourne email: Jabatan Fungsional Lektor Bidang Kepakaran Semester Aktif 2021 2020
dr. Katherina Adisaputro, MPH
Pendidikan S1 : Universitas Gadjah Mada Email :
dr. Ivana Purnama Dewi, Sp.JP, FIHA
Ilmu Kedokteran Umum Pendidikan S1: Universitas Gadjah Mada | Pendidikan Dokter Umum S2: Universitas Airlangga Email
dr. Justinus Putranto Agung Nugroho, M.Biomed
Pendidikan S1: Universitas Gadjah Mada | Pendidikan Dokter UmumS2: Universitas Gadjah Mada | Magister Ilmu Biomedik (Faal/Fisiologi) Email
dr. Monika Puspitasari, M.Med. Sc., Sp.DVE
Pendidikan S1: Universitas Gadjah Mada | Pendidikan Dokter Umum S2: Universitas Gadjah Mada | Magister Ilmu Kedokteran Klinis, Dermatologi Venereologi dan Estetika Email
dr. Teguh Kristian Perdamaian, MPH
Ilmu Kedokteran Umum, Ilmu Kesehatan Masyarakat Pendidikan S1: Universitas Indonesia | Pendidikan Dokter Umum S2: University of Edinburgh | Ilmu Kesehatan Masyarakat Email Jabatan Fungsional Asisten Ahli Bidang Kepakaran Bioetika dan Hukum...
dr. Fenita Renny Dinata
Ilmu Kedokteran Umum Pendidikan S1: Universitas Pelita Harapan | Pendidikan Dokter Umum Email
dr. Haryo Dimasto Kristiyanto, S.S., M.Sc
Pendidikan S1: Universitas Sanata Dharma | Sastra Inggris S1: Universitas Kristen Duta Wacana | Pendidikan Dokter Umum S2: Universitas Gadjah Mada | Magister Ilmu Kedokteran Tropis Email
dr. Hendi Wicaksono, M.Biomed
Ilmu Kedokteran Umum Pendidikan S1: Universitas Kristen Duta Wacana | Pendidikan Dokter Umum S2: Universitas Gadjah Mada Email
dr. Jimmy Indarto Gunawan, M.Med.Sc., Sp.Rad
Pendidikan S1: Universitas Kristen Duta Wacana | Pendidikan Dokter Umum S1: Universitas Gadjah Mada | Magister Ilmu Kedokteran Klinis, Radiologi Email
dr. Fransiska Galuh Widowati
Ilmu Kedokteran Umum Pendidikan S1: Universitas Gadjah Mada | Pendidikan Dokter Umum Email
dr. Saverina Nungky Dian Hapsari, MHPE
Ilmu Kedokteran Umum Pendidikan S1: Universitas Gadjah Mada | Pendidikan Dokter Umum Email
dr. Margareta Yuliani, Sp.A
Ilmu Kedokteran Umum, Penyakit Anak Pendidikan S1: Universitas Trisakti | Pendidikan Dokter Umum S1: Universitas Gadjah Mada | Spesialis Anak Email
dr. Pradita Sri Mitasari, M.Med.Sc., Sp.PK
Pendidikan: S1: Universitas Gadjah Mada S2: Universitas Gadjah Mada | Magister Ilmu Kedokteran Klinis, Patologi Klinik email:
dr. Kriswanto Widyo, Sp.S
Pendidikan: S1: Universitas Gadjah Mada Sp1: Universitas Gadjah Mada email:
dr. Iswanto, Sp.P, FCCP
Pendidikan: S1: Universitas Gadjah Mada Sp1: Universitas Airlangga email:
dr. Yustina Nuke Ardiyan, M.Biomed
Pendidikan: S1: Universitas Gadjah Mada S2: Universitas Gadjah Mada | Magister Ilmu Biomedik (Histologi &Biologi Sel)
dr. MMA Dewi Lestari, M.Biomed
Pendidikan: S1: Universitas Gadjah Mada S2: Universitas Gadjah Mada | Magister Ilmu Biomedik (Farmakologi) email:
dr. Lucas Nando Nugraha, M.Biomed
Pendidikan: S1: Universitas Gadjah Mada email:
dr. Ida Ayu Triastuti, MHPE
Pendidikan:S1: Universitas Gadjah Mada S2: Universitas Gadjah Mada email:Jabatan Fungsional Lektor Bidang Kepakaran Semester Aktif2021 ANALISIS KADAR VITAMIN D, VITAMIN D RECEPTOR, DAN INTERLEUKIN 6 PADA TIKUS GALUR WISTAR YAGN DIINUKSI...
dr. Daniel Chriswinanto Adityo Nugroho, MPH
Pendidikan: S1: Universitas Gadjah Mada S2: Universitas Gadjah Mada email: Jabatan Fungsional Asisten Ahli Bidang Kepakaran Biostatistik Ilmu Manajemen dan Kebijakan Kesehatan Semester Aktif 2021 2020
dr. Christiane Marlene Sooai, M.Biomed
Pendidikan:S1: Universitas Sam Ratulangi S2: Universitas Gajah Mada (Ilmu Biomedik, Parasitologi) email:Jabatan Fungsional Tenaga Pengajar Bidang Kepakaran Parasitologi Semester Aktif Kedokteran Tropis Sistem Urogenitall Biomedik 3 (Cacat Lahir dan...
dr. Istianto Kuntjoro, M.Sc
Pendidikan: S1: Universitas Kristen Krida Wacana S2: Universitas Gadjah Mada email:
dr. Leonardo Cahyo Nugroho, MH., M.Biomed, Sp.B
Pendidikan: S1: Universitas Diponegoro S2: Universitas 17 Agustus | Ilmu Hukum S2: Universitas Diponegoro | Ilmu Bedah email:
dr. Merari Panti Astuti, Sp.Rad, M.Sc
Pendidikan: S1: Universitas Gadjah Mada S2: Universitas Gadjah Mada Sp1: Universitas Gadjah Mada
dr. Eduardus Raditya Kusuma Putra, Sp.OG
Pendidikan: S1: Universitas Sebelas Maret Sp1: Universitas Sam Ratulangi email:
dr. Wiwiek Probowati, Sp.PD., KHOM
Pendidikan: S1: Universitas Gadjah Mada Sp1: Universitas Gadjah Mada | Penyakit Dalam Subspesialis Hematologi Onkologi Medik
dr. Lidwina BR Tarigan, Sp.JP
Pendidikan: S1: Universitas Gadjah Mada Sp1: Universitas Gadjah Mada
dr. Purwoadi Sujatno, Sp.PD, FINASIM, MPH
Pendidikan: S1: Universitas Gadjah Mada Sp1: Universitas Gadjah Mada S2: Universitas Gadjah Mada email: Jabatan Fungsional Tenaga Pengajar Bidang Kepakaran Ilmu Penyakit Dalam Semester Aktif 2021 2020
dr. Johana Puspasari Dwi Pratiwi. M.Sc
Pendidikan: S1: Universitas Gadjah Mada S2: Universitas Gadjah Mada email: Jabatan Fungsional Tenaga Pengajar Bidang Kepakaran Biologi Sel dan Molekuler Histologi Semester Aktif 2021 2020
dr. Mitra Andini Sigilipoe, MPH
Pendidikan: S1: Brawijaya S2: The Chinese University Hongkong email: Jabatan Fungsional Tenaga Pengajar Bidang Kepakaran Ilmu Kesehatan Masyarakat Ilmu Kedokteran Komunitas Ilmu Sosial dan Perilaku Kesehatan Semester Aktif 2021 2020
dr. Tejo Jayadi, Sp.PA
Pendidikan: S1: Universitas Trisakti Sp1: Universitas Gadjah Mada email: Profil Akademis: Sinta Google Scholar
dr. Esdras Ardi Pramudita, M.Sc., Sp.S
Pendidikan: S1: Universitas Diponegoro S2: Universitas Gadjah Mada Sp1: Universitas Gadjah Mada email: Jabatan Fungsional Asisten Ahli Bidang Kepakaran Ilmu Penyakit Syaraf Semester Aktif 2021 2020
Dr. drg. MM Suryani Hutomo, M.D.Sc
Pendidikan: S1: Universitas Gadjah Mada S2: Universitas Gadjah Mada S3: Universitas Gadjah Mada email: Jabatan Fungsional Lektor Bidang Kepakaran Mikrobiologi Ilmu Kesehatan Masyarakat Semester Aktif 2021 2020
Dr. dr. Arum Krismi, M.Sc, Sp.DVE, FINSDV, FAADV
Pendidikan: S1: Universitas Gadjah MadaS2: Universitas Gadjah MadaSp1: Universitas Gadjah MadaS3: Universitas Gadjah Mada email:Jabatan Fungsional Asisten Ahli Bidang Kepakaran Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Semester Aktif 2021 2020
Dr. dr. Yanti Ivana Suryanto, M.Sc.
Pendidikan: S1: Universitas Gadjah Mada S2: Universitas Gadjah Mada S3: Universitas Gadjah Mada email: Jabatan Fungsional Asisten Ahli Bidang Kepakaran Fisiologi Semester Aktif 2021 2020
Kurikulum
Kurikulum 2019 FK UKDW disusun berdasarkan Outcome-based Curriculum (OBE) yang diturunkan dari profil lulusan berdasarkan uraian kompetensi dari SKDI 2012 dengan memperhatikan perubahan-perubahan yang ada dalam SKDI 2019, yang diturunkan ke dalam profl lulusan program studi, baik sebagai core dan local curriculum.
Pembelajaran untuk mencapai profil lulusan di FK UKDW dicapai selama 6 tahun masa studi, yang dibagi dalam tiga tahap.
TAHAP 1
Tahap 1 merupakan tahapan pembelajaran yang mempelajari berbagai dasar bidang ilmu kedokteran, yang dipelajari pada pendidikan sarjana di semester 1 sampai dengan semester 4. Penguasaan dari tahap 1 akan menjadi dasar untuk mengikuti tahap 2 dan 3. Tujuan pembelajaran pada tahap 1 adalah sebagai berikut:
- Mahasiswa menguasai ilmu dasar kedokteran.
- Mahasiswa mampu melakukan keterampilan klinik dasar pada kondisi normal.
- Mahasiswa mampu melakukan komunikasi efektif sebagai mahasiswa.
- Mahasiswa mengenal kode etik kedokteran.
- Mahasiswa menyadari perannya dan mampu berperilaku yang baik sebagai warga negara berdasarkan Pancasila.
- Mahasiswa menyadari keterbatasannya dan mau untuk melakukan pengembangan diri.
- Mahasiswa menguasai pemanfaatan IT untuk mendukung proses pembelajaran.
TAHAP 2
Tahap 2 merupakan tahapan pembelajaran yang mempelajari berbagai bidang klinik, ilmu komunitas, dan capaian pembelajaran yang mencakup local kurikulum serta elective yang ditawarkan kepada mahasiswa. Tahap 2 dipelajari pada pendidikan sarjana di semester 5 sampai dengan semester 8. Penguasaan dari tahap 1 akan menjadi dasar untuk mengikuti tahap 3. Tujuan pembelajaran pada tahap 2 adalah sebagai berikut:
- Mahasiswa mampu merencanakan pengelolaan masalah kesehatan dalam konteks pelayanan primer.
- Mahasiswa mampu melakukan promosi kesehatan dan pencegahan penyakit tingkat primer pada individu, keluarga, dan masyarakat.
- Mahasiswa mampu menerapkan kode etik kedokteran dalam konteks kasus klinis.
- Mahasiswa menyadari peran dan fungsi profesi dokter.
- Mahasiswa mampu melakukan riset berbasis individu, klinis, dan komunitas.
- Mahasiswa menguasai ilmu manajemen bencana.
- Mahasiswa menguasai pemanfaatan IT dalam pelayanan kesehatan.
- Mahasiswa mampu mengakses dan menganalisis kebijakan kesehatan.
TAHAP 3
Tahap 3 merupakan tahap terakhir yang ditempuh selama mahasiswa menjalani pendidikan profesi dokter selama dua tahun. Pembelajaran pada tahap 3 berada pada setting klinis dan komunitas dimana diharapkan dapat mempraktikkan berbagai capaian pembelajaran yang telah didapatkan pada tahap 1 dan 2. Tujuan pembelajaran pada tahap 3 adalah sebagai berikut:
- Lulusan mampu mengelola masalah kesehatan dalam konteks layanan primer sesuai dengan kewenangan dokter di bawah supervisi.
- Lulusan mampu melakukan promosi kesehatan pencegahan penyakit sekunder pada individu, keluarga, dan masyarakat.
- Lulusan mampu menerapkan kode etik kedokteran dalam praktik kedokteran.
- Lulusan mampu memberdayakan dan berkolaborasi dengan masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan.
- Lulusan mampu mengelola sumber daya secara efektif, efisien, dan berkesinambungan.
- Lulusan mampu menerapkan kebijakan kesehatan spesifik di Indonesia.
- Lulusan mampu berkomunikasi dengan mitra kerja, masyarakat, dan pemangku kepentingan dalam identifikasi masalah kesehatan.