Pelaku  UMKM merupakan salah satu penggerak perekonomian negara, namun belakangan ini mereka mengalami banyak kendala. Semenjak pandemi Covid-19 terjadi penurunan kinerja perekonomian dunia yang juga berpengaruh ke perekonomian Indonesia. Selain itu, kemajuan teknologi yang pesat mengharuskan para pelaku ekonomi untuk dapat kreatif dan inovatif dalam menggunakan teknologi. Dalam hal ini, pelaku UMKM yang tidak dapat mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi akan mengalami kemunduran.

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta sebagai salah satu institusi pendidikan, memiliki kewajiban untuk berkontribusi pada permasalahan yang terjadi di masyarakat dengan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, sebagai salah satu wujud dari tridharma perguruan tinggi. Dalam hal ini, tim pengabdian masyarakat yang terdiri dari Budi Sutedjo Dharma Oetomo, S.Kom., MM. (Dosen Prodi Sistem Informasi), Dr. Singgih Santoso, MM. (Dosen Prodi Magister Manajemen), serta Safitrie Liena Pusung (mahasiswa Prodi Sistem Informasi) berusaha untuk meningkatkan kinerja perekonomian Indonesia melalui pelaku UMKM yang mengalami kesulitan berdagang.

Bekerjasama dengan Koperasi Konsumen Griya Jatirasa dan Rumah Adiluhung yang berlokasi di Karanggayam CT VIII, Depok, Sleman, tim PKM UKDW sepakat mengadakan pelatihan ‘Kewirausahaan Pembuatan Program Promosi Produk Berbasis WhatsApp’. Budi Sutedjo menyebutkan para pelaku UMKM yang tergabung dalam Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa dan Rumah Adiluhung, terdiri dari orang-orang yang sederhana yang tidak mengenyam pendidikan hingga di perguruan tinggi dan kurang familiar dalam menggunakan teknologi informasi. “Namun, umumnya mereka memiliki smartphone yang dapat digunakan untuk mengoperasikan WhatsApp dan memiliki relasi yang cukup banyak. Selain itu, modal kerja yang mereka miliki sangat terbatas, sehingga upaya-upaya yang dilakukan masih sangat terbatas,” ungkapnya.

Adapun materi yang ditekankan dalam pelatihan ini adalah cara menggunakan telepon pintar dan aplikasi WhatsApp yang sudah familiar bagi para pelaku UMKM sebagai media pemasaran dan penjualan. Tema-tema yang disampaikan meliputi pendayagunaan WhatsApp, pemasaran produk UMKM, promosi melalui WhatsApp, membangun komunitas dengan WhatsApp, dan copywriting. Budi Sutedjo juga memperkenalkan aplikasi kecerdasan buatan Suno.com untuk pembuatan lagu yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk dan aplikasi kecerdasan buatan ChatGPT 4.0 untuk mencari inspirasi desain sekaligus membuat desain kaos. 

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan berlangsung efektif, dimana peserta dan pemateri terlibat aktif dalam pelatihan. Banyak peserta yang memanfaatkan kesempatan untuk tanya jawab dan berkonsultasi mengenai upaya yang sudah dilakukan untuk meningkatkan usaha mereka. Konsultasi dua arah ini memberikan banyak masukan dan cara pandang baru kepada peserta dan juga para pemateri yang mendapatkan banyak wawasan baru tentang model pemasaran dari para pelaku UMKM. Keberhasilan pelatihan ini diperkuat dengan permintaan keberlanjutan dari pelatihan yang sudah dilangsungkan. Para mitra menyebutkan kebutuhan pelatihan selanjutnya adalah pelatihan pengoperasian dan eksplorasi Aplikasi Android Semar Jatirasa Mobile untuk pemasaran dan penjualan produk bagi pelaku UMKM anggota Koperasi Konsumen Griya Jatirasa dan Rumah Adiluhung. [jonathan]

Pin It on Pinterest

Share This