"Education is not the answer to the question. Education is the means to the answer to all questions. (William Allin)"


Berita UKDW


Berita UKDWRSS

TwitterFacebook

Senin, 22 Januari 2018

UKDW dan Hanseo University Korea Gelar 'Joint Program'

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) bekerjasama dengan Hanseo University, Korea, menyelenggarakan  joint program pada Senin, 22 Januari 2018. Kegiatan ini terdiri dari dua bagian, yaitu seminar yang dilaksanakan di kampus UKDW dan aktivitas bersama dengan Komunitas Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Salamrejo, Sentolo, Kulon Progo. Sejumlah 13 mahasiswa Hanseo University mengikuti program ini dengan didampingi oleh dua orang dosen pendamping, yaitu Prof. Jang Won Kweon dan Prof. Kwon Oh Hyeon.

Program bersama kedua universitas ini diawali dengan seminar yang mengangkat tema Global Leadership. Seminar yang berlangsung di Lecture Hall Rudi Budiman ini diikuti oleh sekitar enam puluh peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan staff UKDW serta rombongan dari Hanseo University. Acara dibuka oleh Rektor UKDW, Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D. Beliau menyambut baik kedatangan mahasiswa Hanseo University dan berharap kerjasama yang telah terjalin antara UKDW dan Hanseo University semakin meningkat.

Selain untuk meningkatkan wawasan mahasiswa tentang leadership, seminar ini juga bertujuan untuk memberikan pengalaman internasional bagi mahasiswa. Dalam seminar ini, masing-masing universitas memilih tiga orang mahasiswa sebagai wakilnya untuk mempresentasikan ide dan pandangan mereka terkait tema yang telah dipilih. Tiga mahasiswa yang menjadi wakil UKDW sebelumnya telah mengikuti program internasional, sehingga dalam kesempatan ini mereka bisa berbagi pengalaman yang diperoleh selama mengikuti program di luar negeri.

Usai seminar, kegiatan dilanjutkan dengan aktivitas di Salamrejo. Mahasiswa Hanseo didampingi oleh mahasiswa UKDW terjun ke masyarakat dan diajak untuk mengenal kehidupan masyarakat setempat. Kepala Desa Salamrejo, Dani Pristiawan menjelaskan tentang salah satu potensi yang ada di daerah tersebut, yaitu kerajinan dari tanaman enau. Mahasiswa melihat proses pembuatan barang kerajinan dan praktek secara langsung bersama warga setempat. Dengan adanya program ini diharapkan dapat mempromosikan potensi yang ada di Salamrejo.

Salah seorang mahasiswa Hanseo University, Joo Ha-Hyeon mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan pengalaman yang menyenangkan, ia dapat bertemu dengan teman-teman baru dari UKDW dan warga masyarakat di desa. “Jika ada kesempatan, saya berharap bisa datang ke Indonesia lagi,” ungkapnya. Seo Woo-Jin, peserta lain dari Hanseo University mengatakan bahwa ini adalah kali pertamanya mengunjungi Indonesia. “Orang-orang di sini sangat ramah. Saya sangat tertarik dengan workshop yang diselenggarakan. Ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan,” tambahnya. (drr)