"Striving for peace, freedom, righteousness, and justice based on love."


Berita UKDW


Berita UKDWRSS

TwitterFacebook

Selasa, 14 Februari 2017

Pelatihan Jurnalistik bersama KOMPAS : Menulis Opini di Media

UKDW bersama KOMPAS menyelenggarakan pelatihan menulis opini pada hari Kamis, 9 Februari 2017. Acara tersebut berlangsun di Ruang Seminar Pd. Harun Hadiwijono dan mengambil tema "Penulisan Opini di Media". Pelatihan yang berlangsung selama satu hari tersebut diikuti oleh dosen dan mahasiswa UKDW, bertujuan supaya kalangan akademisi dapat turut menyuarakan pendapatnya melalui kolom opini di media massa.

Pelatihan terdiri dari dua sesi dengan menghadirkan Fathorahman Ghufron dan Simanungkali Simanungkalit sebagai pembicara. Bapak Fathorrahman merupakan seorang pengajar di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga sekaligus penulis opini yang tulisannya sering dimuat di KOMPAS, sedangkan Simanungkali Simanungkalit merupakan wartawan senior KOMPAS.

Sesi pertama dengan materi Sharing Penulis Aktif Kompas disampaikan oleh Fathorrahman dan dimoderatori oleh Parmonangan Manurung, S.T., M.T. IAI. Fathorrahman menyampaikan bahwa dengan menulis, kita dapat merefleksikan apa saja. Ia juga membagikan pengalamannya dalam mencari sumber inspirasi dan membangkitkan mood menulis. 

Sesi kedua diisi dengan materi Menulis Opini Kompas  oleh Salomo Simanungkalit dan dimoderatori oleh Budi Sutedjo Dharma Oetomo, S.Kom., M.M. Salomo memeparkan bagaimana alur masuknya sebuah tulisan opini ke redaksi hingga dimuat di rubrik Opini. Salomo menyampaikan bahwa seorang penulis harus berwawasan luas. Buku-buku yang digunakan sebagai dasar pemikiran opini dituangkan melalui kalimat yang sederhana dan menarik untuk dibaca, bukan seperti kutipan dalam karya ilmiah.

Peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan jurnalistik ini. Berbagai pertanyaan diajukan kepada kedua narasmber terkait persoalan teknis dan substansial dalam menulis opini. UKDW berharap agar kegiatan serupa dapat kembali diselenggarakan untuk menumbuhkan semanagat civitas akademika UKDW untuk menulis.

(drr)