"Education is not the answer to the question. Education is the means to the answer to all questions. (William Allin)"


Berita UKDW


Berita UKDWRSS

TwitterFacebook

Rabu, 07 Desember 2016

Pentingnya Komunikasi Bagi Lulusan di bidang IT

Komunikasi dalam dunia bisnis seringkali dianggap menjadi sebuah hambatan bagi lulusan yang bergerak di bidang IT karena sebagian besar
waktu mereka dihabiskan di depan layar komputer dan jarang berinteraksi dengan pengguna lain secara langsung. Perbedaan budaya, kultur, bahasa, dan kebiasaan menjadi hal penting yang perlu diperhatikan ketika berinteraksi dengan anggota tim yang tersebar di berbagai daerah, kota, negara, dan benua. Hal ini banyak dialami dari para lulusan yang baru mulai memasuki dunia kerja. Berbagai masukan dari alumni dari hasil kunjungan atau tracer study dalam beberapa tahun terakhir selalu menyebutkan bahwa lulusan sarjana IT juga harus dibekali dengan ilmu
komunikasi, terutama komunikasi bisnis untuk mendukung karir mereka.

Pada semester gasal 2016/2017 Fakultas Teknologi Informasi menyelenggarakan sebuah matakuliah yang berjudul Komunikasi Bisnis (Business Communication) yang bertujuan untuk membekali mahasiswa tingkat akhir dengan soft-skill yang sangat diperlukan dalam dunia kerja, yaitu komunikasi. Peserta kelas ini terdiri dari gabungan program studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi berjumlah 97 mahasiswa. Matakuliah ini membahas banyak hal, seperti pentingnya komunikasi dalam dunia bisnis, masalah yang sering dijumpai dalam berkomunikasi, cara penyampaian pesan, cara membuat dan menyampaikan presentasi, pembuatan resume/CV, persiapan wawancara/interview, dan masih banyak lagi.

Pada pertemuan terakhir, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti acara sharing session bersama CEO dan Co-Founder dari SaleStock Indonesia, Lingga Madu yang juga merupakan alumni dari Fakultas Teknologi Informasi. Acara ini berlangsung pada hari Jumat, 2 Desember pukul 09:30 - 11:30 di kantor SaleStock Indonesia. Lingga memaparkan materi yang berjudul "How to Pitch to Investors" selama 30 menit dan kemudian diikuti dengan sesi tanya-jawab yang berjalan dengan sangat seru karena banyak peserta yang antusias untuk bertanya terkait dengan materi ataupun isu-isu di bidang komunikasi bisnis lainnya. (Willy Sudiarto Raharjo, S.Kom, M.Cs.)