"Education is the movement from darkness to light. (Allan Bloom)"


Berita UKDW


Berita UKDWRSS

TwitterFacebook

Senin, 07 November 2016

Sharing Session Big Data & Data Mining

Di era informasi digital seperti sekarang ini, ledakan data yang sangat besar sudah tidak dapat dihindari lagi. Pertumbuhan perangkat digital yang terkoneksi ke jaringan Internet atau yang lebih kita kenal dengan istilah Internet of Things (IoT) merupakan salah satu pemicunya. Menurut data statistik, pertumbuhan data yang dihasilkan setiap harinya semakin meningkat secara eksponensial setiap tahunnya. Sayangnya, hal ini tidak diimbangi dengan kemampuan dalam mengolah data tersebut menjadi sebuah informasi yang lebih berguna.
        Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana bekerjasama dengan PT Adicipta Inovasi Teknologi (AdIns) mengadakan acara sharing session tentang Big Data & Data Mining dengan narasumber Prof. Jennifer Widom, Ph.D yang dilakukan pada hari Jumat, 4 November 2016 di ruang seminar Harun Handiwidjojo, jam 09:00-16:00. Materi yang disampaikan terkait dengan gambaran umum tentang Big Data, Algoritma Data Mining, dan bagaimana implementasinya pada database berbasis SQL menggunakan teknologi Jupyter Notebook dari Instabase. Acara ini diikuti oleh sekitar 60 orang yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan praktisi.
        Prof. Jennifer Widom merupakan profesor Ilmu Komputer dan Teknik Elektro dari Stanford University dan menjadi perintis dari konsep MOOC (Massive Open Online Course). Bidang riset yang didalami terkait dengan pemrosesan data yang berskala besar. Saat ini Profesor Jennifer Widom sedang mengambil sabbatical leave dan mengunjungi beberapa negara untuk berbagi ilmu dalam bentuk tutorial, seminar, dan workshop terkait dengan data dan desain.