"Education is all a matter of building bridges. (Ralph Ellison)"


Berita UKDW


Berita UKDWRSS

TwitterFacebook

Sabtu, 27 Agustus 2016

HUT KE-7 FK UKDW Diawali dengan Operasi Katarak Gratis

Dalam  memperingati  HUT FK UKDW ke 7, Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (FK UKDW) menyelenggarakan berbagai kegiatan. Kegiatan HUT ini dibuka dengan pengabdian kepada masyarakat yaitu operasi katarak gratis. Operasi katarak gratis ini merupakan kali kedua yang diselenggarakan FK UKDW yang bekerja sama dengan RS Bethesda, PT. Sidomuncul dan PERDAMI (Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia). Kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan sosialisasi bersama para kader di Puskesmas Bambang Lipuro, Bantul pada tanggal 15 Juli 2016 yang lalu untuk memberitahukan mengenai operasi katarak gratis dan meminta bantuan para kader untuk mencari calon pasien yang dapat mengikuti operasi katarak. Nantinya para calon peserta dari desa Bambang Lipuro akan melalui dua tahap yaitu skrining di Puskesmas pada tanggal 2 Agustus 2016 dan di RS Bethesda tanggal 5 Agustus 2016. Setelah lolos pada kedua tahap tersebut maka peserta akan diikutsertakan pada operasi katarak  tanggal 7 Agustus 2016. Untuk calon peserta di luar Puskesmas Bambang Lipuro mendaftarkan diri di Bagian Humas RS Bethesda dan mengikuti skrining langsung di RS Bethesda. Dari skrining yang diadakan di Puskesmas Bambang Lipuro dan di RS Bethesda didapatkan 65 orang yang dapat mengikuti operasi katarak gratis tahun ini. Kegiatan operasi berlangsung dengan baik dan lancar serta para pasien direncanakan untuk mengikuti follow-up 3 kali pasca operasi. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu untuk mewujudkan tema pengabdian masyarakat FK UKDW  yaitu Indonesia Bebas Buta Katarak dan diharapkan dapat menjadi kegiatan tahunan di HUT FK UKDW.

Dalam rangkaian acara peringatan HUT FK UKDW ini juga diselenggarakan Seminar Nasional Kesehatan dan BASKEDUKASI. Seminar ini mengambil tema “Tatalaksana Diabetes Melitus dari berbagai Perspektif”, dan akan diadakan tanggal 1 Oktober 2016. Pendaftaran seminar kesehatan nasional ini terbuka untuk tenaga kesehatan dan mahasiwa di bidang kesehatan. Pendaftaran seminar dibuka mulai tanggal 22 agustus hingga 26 september 2016. Pendaftaran dapat di lakukan via online di http://bemfkukdw.org/hutfk2016/ dan daftar langsung di lt. basement Gedung Logos UKDW. Untuk informasi lebih lanjut trekait Seminar ini dapat menghubungi Angelica (089689027177) atau sarah (081215018484). Melalui seminar nasional ini diharapkan bisa memberi bekal tenaga kesehatan dan calon tenaga kesehatan yang akan menjadi ujung tombak masa depan kesehatan Indonesia.

Kegiatan BASKEDUKASI terdiri dari roadshow edukasi kesehatan bagi siswa-siswa SMA di Yogyakarta dan invitasi lomba basket dan dance tingkat SMA/SMk Se-yogyakarta. Kegiatan edukasi telah dilaksanakan di 7 SMA-SMA terpilih. Lomba Basket dan Dance tingkat SMA/SMK akan diselenggarakan di GOR Amongrogo tanggal 19-25 September 2016. Bintang tamu pun dihadirkan untuk memeriahkan acara ini, yakni Daniel Wenas (Garuda Bandung) dan Adhi Pratama (Pelita Jaya) yang akan bermain dalam pertandingan eksibisi. Sebagai penutup acara HUT FK UKDW akan ada acara puncak sebagai ucapan syukur oleh mahasiswa, staf dan karyawan FK UKDW tanggal 14 Oktober 2016 nanti. (Niko Prasetia Ginting)