"Education is the movement from darkness to light. (Allan Bloom)"


Berita UKDW


Berita UKDWRSS

TwitterFacebook

Selasa, 16 Agustus 2016

Akreditasi Perpustakaan UKDW

Akreditasi Perpustakaan UKDW
Pada hari Senin, 25 Juli 2016 Perpustakaan Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta menerima visitasi dari tim asesor Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Visitasi tersebut dilakukan dalam rangka akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Ini merupakan pertama kalinya Perpustakaan UKDW melaksanakan akreditasi Perpustakaan. Tim asesor terdiri dari 2 orang yang seharusnya 3 orang. Beliau adalah Drs. Sudarto, M.Si dan Nur Widyastuti, SH. Sedangkan Drs. Nurcahyono,SS., M.Si berhalangan hadir.
Tim asesor tiba di Universitas Kristen Duta Wacana pukul 09.00 yang didampingi oleh 3 orang staf dari Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) wilayah DIY. Acara dimulai dengan penyambutan asesor beserta staf BPAD oleh Kepala Perpustakaan dan Pimpinan Universitas UKDW yang berlangsung di ruang alumni - UKDW. Acara penyambutan ini dihadiri oleh Rektor Universitas Kristen Duta Wacana Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D.; didampingi Wakil Rektor bidang Akademik, Riset dan Inovasi Dr.Charis Amarantini,M.Si.; Wakil Rektor bidang Keuangan dan Pengembangan Aset Dra. Eti Istriani, MM.; Kepala Perpustakaan UKDW Titi Sunarni, S.Pd., M.IP dan seluruh pegawai perpustakaan.
Dalam sambutannya Bapak Rektor menyebutkan bahwa perpustakaan merupakan unit penunjang yang sangat penting, untuk mendukung visi dan misi Universitas Kristen Duta Wacana menjadikan mahasiswanya menjadi seorang enterpreneur melalui program kegiatan yang dilakukan oleh perpustakaan. Selain itu juga beliau juga menjelaskan tentang fasilitas apa saja yang dimiliki perpustakaan UKDW serta koleksi digitalnya. Oleh karena itu Universitas berkomitmen untuk terus mengembangkan Perpustakaan baik dari segi layanan maupun fasilitas, serta mendukung program kerja perpustakaan demi mencerdaskan penerus bangsa.
Sementara itu, tim asesor dalam sambutannya menyampaikan bahwa akreditasi ini dilakukan dalam rangka proses pembinaan Perpustakaan Nasional yang bertujuan mengembangkan perpustakaan di Indonesia sehingga memiliki standar yang lebih baik lagi.
Acara penyambutan ini dilanjutkan dengan penayangan video profil Perpustakaan UKDW.
Agenda selanjutnya yaitu visitasi ke Perpustakaan UKDW yang berada di gedung Biblos, yang diawali dengan presentasi profil Perpustakaan UKDW oleh Kepala Perpustakaan Titi Sunarni, S.Pd.,M.IP. Beliau memaparkan tentang visi dan misi Perpustakaan, koleksi yang dimiliki perpustakaan, layanan serta fasilitas yang ada di perpustakaan. Acara lalu dilanjutkan dengan proses tanya jawab dan verifikasi data borang.
Selesai tanya jawab, tim asesor menyampaikan rekapan sementara hasil assessment dan memberikan masukan-masukan untuk pengembangan perpustakaan UKDW.
Setelah acara tanya jawab selesai, tim asesor meninjau, keliling Perpustakaan UKDW sambil wawancara kepada Kepala Perpustakaan dan beberapa staf.
Acara diakhiri dengan ucapan terima kasih serta pemberian kenang-kenangan kepada tim asesor Perpustakaan Nasional dan juga staf BPAD.
Semoga dengan akreditasi ini Perpustakaan UKDW semakin berkembang dan semakin bermanfaat khususnya bagi civitas UKDW. Amin. (mds)