"Striving for peace, freedom, righteousness, and justice based on love."


Berita UKDW


Berita UKDWRSS

TwitterFacebook

Selasa, 17 Mei 2016

Kuliah Umum FTI Bersama Blibli.com

Pada Hari Jumat 29 April 2016, Fakultas Teknologi Informasi (FTI UKDW) mengadakan kuliah umum yang bertempat di Lecture Hall Rudi Budiman. Pada kesempatan ini, Blibli.com yang diwakili oleh ibu Vina Zerlina yang dulunya pernah bekerja di Amazon.com, memberikan materi yang berkaitan dengan UEx(User Experience). 

UEx merupakan campuran dari 3 unsur yang berbeda tetapi saling berkaitan yaitu Art, Psychology, dan Science. Ketiga unsur tersebut sangat penting mengingat kebutuhan user yang mempunyai beragam kebutuhan. Bu Vina yang pernah bekerja sebagai UEx designer di Warehouse Amazon ini mengatakan bahwa UEx tidak hanya berbicara mengenai tampilan, namun juga melingkupi proses yang terjadi dibelakangnya. UEx sangat penting karena kita harus sadar dengan apa yang dibutuhkan user dan kebutuhannya. Dalam bisnis offline maupun online, user pasti diutamakan dan pasti akan diberikan pelayanan yang terbaik oleh perusahaan atau bisnis tersebut.

Strategi  yang di lakukan blibli.com agar UEx ini benar menjadi kepuasan untuk user/customer, diantaranya :  

  • User Research
  • ID User Needs through Persona
  • Scope
  • Structure and Skeleton
  • Exercise Concepts or Options
  • Safe Stage to Modification
  • Allows communication between stakeholder to more open minded

Dari strategi di atas, Blibli.com berusaha mencari tahu tentang detail yang diinginkan oleh pembeli. Dari segi design, layanan, mengidentifikasi kebutuhan user sesuai dengan personanya, dan memberikan defining requipment. Intinya adalah Interfacion Design (tampilan yang menarik). Bagaimana tampilan di IOS, bagaimana tampilan di Android. Pasti akan ada perbedaan tampilan pada sistem operasi yang berbeda pula. Bisa mengenai Back Button, Pop Up , pemilihan warna juga harus diperhatikan dan eksplorasi dari segi tipografi. Sehingga harus banyak pertimbangan pada web devide-nya. 

Tujuan UX sendiri bukan hanya untuk membuat produknya useable, melainkan meaningful dan delightful. Blibli.com mempunyai alur UEx seperti design dari sketch ke frame terlebih dahulu lalu ke design reviews dan feedback. Selalu melakukan diskusi, tidak hanya antar UEx tapi diskusi ini dapat dilakukan bersama department lainnya. Dengan begitu dapat juga didiskusikan nantinya akan mendapat pertanyaan apa dari user, dan jawabannya harus seperti apa. Pernanan diskusi memang sangat penting dalam hal-hal seperti ini. Selain dapat membuat kepuasan terhadap pekerjaan yang sedang dikerjakan juga dapat meningkatkan keakraban dalam team kerja di Blibli.com

Banyak Mahasiswa yang tertarik mengikuti kuliah umum ini karena informasi yang disampaikan juga memang tidak terlalu berat untuk dipahami oleh kaum Mahasiswa sehingga kuliah umum ini bisa berjalan dengan lancar. Bahkan ada mahasiswa yang lebih mementingkan untuk mengikuti kuliah ini daripada mengikuti kelas yang ada.

Dari salah satu mahasiswa yang kami wawancarai pun, mengatakan bahwa serunya suasana karena pembicara memberikan materi yang menarik dan dengan adanya hadiah-hadiah yang diberikan dari pembicara sehingga peserta juga antusisas untuk memperhatikan materi yang disampaikan. (Leo Vina)