"Education is all a matter of building bridges. (Ralph Ellison)"


Berita UKDW


Berita UKDWRSS

TwitterFacebook

Sabtu, 23 April 2016

UKDW Raih Hibah Tracer Study 2016

Berdasarkan surat Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan nomor 81.B.B3/II/2016 tanggal 12 Februari 2016 perihal tawaran bantuan Pusat Karir dan Pusat Karir Lanjutan (Tracer Study) tahun 2016, Direktorat Kemahasiswaan, Ditjen Belmawa, telah menerima sejumlah 481 proposal. Dari hasil seleksi dan evaluasi telah ditentukan 276 proposal dari Perguruan Tinggi yang akan dibantu sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti nomor: 009/B1/SK/2016 tanggal 22 April 2016 tentang Penetapan Perguruan Tinggi Penerima Bantuan Pengembangan Layanan Pusat Karir dan Pusat Karir Lanjutan (Tracer Study ).

UKDW tahun 2016 ini menerima lagi bantuan Hibah Tracer Study tersebut. Tim pelaksana Tracer Study ini dibawah koordinasi Kepala PPKPK, ibu Ambar Kusuma Astuti.

Tracer study ditujukan untuk melacak jejak lulusan/alumni yang dilakukan 2 tahun setelah lulus dan bertujuan untuk mengetahui:

a. Outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja (termasuk masa tunggu kerja dan proses pencarian kerja pertama), situasi kerja terakhir, dan aplikasi kompetensi di dunia kerja. 
b. Output pendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi.
c. Proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi.

Hasil tracer study akan membantu PT dalam mengetahui posisi lulusan yang telah terserap dalam dunia kerja serta menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetansi yang diperlukan di dunia kerja. Hasil tracer study yang kemudian dilaporkan ke Dikti akan membantu program Pemerintah dalam rangka memetakan kebutuhan dunia kerja dengan pembangunan pendidikan di Indonesia. 
(Sumber: http://tracerstudy.dikti.go.id/)