"Education is not preparation for life, education is life itself. (John Dewey)"


Berita UKDW


Berita UKDWRSS

TwitterFacebook

Sabtu, 19 Maret 2016

KULIAH UMUM BERSAMA SALE STOCK

Jumat 18 Maret 2016, Fakultas Teknologi Informasi mengadakan Kuliah umum tentang sharing history terbentuknya Sale Stock. Dari seorang alumni UKDW (Lingga Madu) yang kemudian melanjutkan studi di UGM beserta isterinya (Azira) yang kala itu sedang hamil, keluarlah ide menjual pakaian-pakaian bekas ia hamil. Awalnya ia hanya menawarkan pakaian lewat facebook dengan menandai teman-temannya. Ternyata respon dari orang-orang cukup tertarik dan bahkan ingin memesan lagi. Akhirnya kesempatan inilah yang dikembangkan oleh ibu Azira dan suaminya. Dari situ lahirlah perusahaan yang diberi nama “Sale Stock”. Awalnya perusahaan ini hanya dikembangkan oleh 10 orang engineers hingga 18 bulan kemudian, perusahaan ini mempunyai 700 engineers yang tersebari di setiap cabang di Indonesia maupun di mancanegara.

            Setelah bicara tentang historical dari Sale Stock, kuliah umum dilanjutkan dengan membahas seluk beluk digital marketing yang ada di Sale Stock. Sale Stock mengangkat sebuah slogan “Harga Jujur” yang berarti menentukan harga jual semepet mungkin sehingga margin antara harga jual dan harga beli tidak terlalu banyak namun secukup dan sewajarnya sehingga harga dapat dijangkau oleh sista (sebutan bagi konsumen Sale Stock) baik dari kalangan bawah sampai atas. Inilah ke-khas-an dari Sale Stock.

            Strategi marketing yang diterapkan oleh Sale Stock adalah marketing yang menggunakan creativity + data analyst + programming. Dalam pemasarannya, ada beberapa terminologi yaitu visit yang dihitung berdasarkan jejak iklan, Unique visitor yang dihitung berdasarkan CTR (Click through rate), Bounce Rate  yang berarti menghitung berapa banyak visitor yang berkunjung ke website tapi hanya mampir saja lalu pergi, Page views yang dihitung dari CPM (Cost per miles), Conversion yang dihitung dari CPA (Cost per Action), Conversion rate yang dihitung dari CPC (Cost per click).

            Sale Stock juga menerangkan jobdesc dari beberapa posisi yang ada di Sale Stock seperti posisi DBM (Data Base Marketing), Community, Product Manager, Marketeering. DBM bekerja mengurusi activation, retention and email marketing. Bagian community  bekerja mengurusi agar para sista tertarik dan menjadi konsumen tetap (loyal) juga mengurusi local community activation event. Product Manager bekerja untuk menjaga kelancaran jual beli dan berinovasi dengan produk-produk yang akan diluncurkan.

            Untuk marketeering dibutuhkan orang-orang yang bekerja dengan intelligence untuk mengurusi market research dan customer insight research; automation untuk mengurusi platform integration, feature development dan report automation; operation untuk mengurusi project management, human resource (scrum master), administration.

            Saat sesi diskusi dibuka, minat para mahasiswa untuk berdiskusi lebih jauh mengenai Sale Stock sangat tinggi terlebih setelah setiap penanya diberi 1 buah goodie bag sebagai kenang-kenangan dari Sale Stock. “Sale Stock selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan menekan margin keuntungan serendah (tapi wajar) mungkin. Kalau bisa untung dengan harga jujur, kenapa harus mengambil untung setinggi langit? Kami tidak mau mengambil untung yang seharusnya menjadi untung dari para sista kami.” begitu kata Pak Daniel yang juga salah satu alumni dari UKDW. (Tim FTI)