"Education is the movement from darkness to light. (Allan Bloom)"


Berita UKDW


Berita UKDWRSS

TwitterFacebook

Jumat, 04 Desember 2015

Kuliah Umum “Network and System Security”

Di era digital yang serba mudah seperti sekarang ini diperlukan kewaspadaan akan bahaya keamanan yang lebih tinggi, terutama keamanan data dan informasi di jaringan ataupun pada sistem komputer. Berbagai survei sudah membuktikan bahwa pengguna kerap kali menjadi titik lemah dari sebuah sistem berbasis teknologi. Perangkat keras dan lunak yang mahal sekalipun tidak bisa banyak membantu apabila sisi pengguna tidak diperhatikan.


Untuk membuka wawasan dan juga kewaspadaan mahasiswa di lingkungan UKDW, maka FTI UKDW mengundang salah satu narasumber yang sudah memiliki banyak pengalaman di bidang keamanan dan jaringan, yaitu Josua M. Sinambela untuk mengisi acara kuliah umum terakhir di tahun 2015 yang diadakan pada hari Jumat, 4 Desember 2015 di Auditorium Koinonia UKDW.


Beliau merupakan founder dari RootBrain, sebuah perusahaan jasa yang melayani layanan konsultasi dan pelatihan IT, khususnya di bidang keamanan. Josua sendiri cukup aktif di dunia ethical hacking, penetration testing, computer forensic dan sering diminta untuk menjadi saksi ahli di kepolisian dan lembaga pemerintahan.
Acara yang dihadiri oleh lebih dari 250 mahasiswa ini berjalan dengan menarik karena selain memaparkan tentang materi tentang ethical hacking dan juga penetration testing, juga disisipkan live demo eksploitasi ke beberapa sistem dan juga cerita pengalaman yang pernah dialami selama ini. Di akhir acara, terpilihlah salah satu mahasiswa yaitu Tjandrayana Setiawan yang berhak membawa pulang suvenir dari FTI.


Semoga acara kuliah umum ini bisa membuka wawasan dan kewaspadaan mahasiswa terutama di dunia digital ini dan sampai jumpa di acara kuliah umum berikutnya di tahun 2016. (Willy .S.R)