"What we want is to see the child in pursuit of knowledge, and not knowledge in pursuit of the child. (George Bernard Shaw)"


Berita UKDW


Berita UKDWRSS

TwitterFacebook

Kamis, 22 Oktober 2015

FTI Adakan Kuliah Umum Bersama Tokopedia

Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana berkomitmen untuk terus menjalin hubungan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai partner terkemuka di Indonesia. Salah satunya adalah Tokopedia Indonesia yang bersedia untuk menjadi narasumber dalam acara Kuliah Umum Bersama Tokopedia dengan pembicara tunggal yaitu co-founder dari PT Tokopedia Indonesia, Bapak Leontinus Alpha Edison.

Acara kuliah umum ini diselenggarakan pada hari Rabu, 21 Oktober 2015, bertempat di Ruang Rudi Budiman, Gedung Iama Lantai 3 Universitas Kristen Duta Wacana dengan MC Ibu Umi Proboyekti, S.Kom., MLIS. Acara ini dibuka dengan kata sambutan dari Bapak Budi Susanto, S.Kom., M.T., selaku Dekan Fakultas Teknologi Informasi yang kemudian langsung
dilanjutkan dengan pembicara utama, Bapak Leontinus yang memaparkan potensi market di Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya berdasarkan data dari World Bank per tahun 2015. Hal ini tercermin dengan semakin banyaknya pemain di dunia e-commerce di Indonesia yang terus berkembang sejak 5 tahun terakhir.

Bapak Leontinus juga menceritakan awal sejarah berdirinya dan juga konsep yang diusung oleh Tokopedia sejak awal, termasuk nilai-nilai yang dipegang teguh oleh semua karyawan Tokopedia yang disebut dengan DNA Tokopedia, yaitu "Focus on Customer", "Growth Mindset", dan "Make it Happen, Make It Better".

Bagian kedua dari materi yang disampaikan lebih menjurus ke hal teknis, yaitu bagaimana proses scaling arsitektur yang terjadi di Tokopedia.
Bapak Leontinus menceritakan panjang lebar tentang arsitektur yang digunakan di Tokopedia, mulai dari awal pembentukannya hingga evolusi terbaru yang digunakan saat ini. Selama perjalanan tersebut, banyak hal yang sudah dilalui dan banyak pula tantangan yang dihadapi, namun dengan bantuan dari banyak pihak, sebagian besar masalah tersebut sudah dapat diselesaikan dengan baik. Pengalaman-pengalaman buruk yang pernah terjadi di lingkungan internal Tokopedia pun dibeberkan kepada para peserta yang sebagian besar berasal dari Fakultas Teknologi Informasi UKDW. Hal ini untuk menjelaskan bahwa kegagalan merupakan sebuah proses menuju sebuah kesuksesan dan tidak ada perusahaan yang bisa berhasil tanpa mengalami kegagalan terlebih dahulu.

Pada sesi tanya jawab, terjadi diskusi yang cukup menarik antara pembicara dan juga penanya, yang sebagian berasal dari para partner Fakultas Teknologi Informasi yang secara khusus diundang dan hadir dalam acara ini, seperti PT Gamatechno Indonesia, Percetakan Kanisius, Yayasan Yakkum, Imajiku Studio, Amigo Group, dan Ang Tek Khun, seorang blogger.

Sebelum acara ditutup, Ibu Dea selaku HR dari PT Tokopedia juga menjelaskan tentang program Tokopedia Student Ambassador yang bisa diikuti oleh mahasiswa. (Willy S.R-WD 3 FTI)