"Striving for peace, freedom, righteousness, and justice based on love."


Berita UKDW


Berita UKDWRSS

TwitterFacebook

Selasa, 06 Oktober 2015

FAD UKDW Membuka Program Magister Arsitektur

Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Kristen Duta Wacana (FAD-UKDW) Senin (05/10) resmi membuka Program Studi S-2 Magister Arsitektur. Pembukaan Program Magister Arsitektur dilakukan di Ruang Tasdik UKDW yang langsung dilanjutkan dengan kuliah perdana bagi angkatan pertama yang berjumlah tujuh orang mahasiswa.

Dalam sambutannya, Rektor UKDW Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D., menyampaikan bahwa Magister Arsitektur adalah program S-2 pertama di UKDW di luar Fakultas Teologi dan          Prof. Titien Saraswati, M.Arch., Ph.D., merupakan Ketua Program Studi pertama untuk program S-2 ini. Lebih lanjut  Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D., mengatakan bahwa Program Magister Arsitektur UKDW ini ke depannya akan dikembangkan menjadi program internasional. “Saat ini telah ada dua orang mahasiswa dari luar negeri dan ke depannya juga akan mengundang calon mahasiswa dari Korea dan negara lainnya untuk dapat bergabung”, kata Henry Feriadi dalam sambutannya.

Sementara Dekan Fakultas Arsitektur dan Desain Dr. –Ing. Wiyatiningsih, ST., MT. menyampaikan pembukaan Program Studi Magister Arsitektur UKDW hanya membutuhkan waktu dua tahun berkat kerja keras semua pihak terkait, terutama dosen-dosen Fakultas Arsitektur dan Desain. Lebih lanjut Wiyatiningsih juga memperkenalkan seluruh dosen yang akan mengajar di Magister Arsitektur UKDW, termasuk beberapa dosen tamu dari dalam dan luar negeri.

Pembukaan Program Magister Arsitektur UKDW kemudian dilanjutkan dengan kuliah umum salah satu dosen senior yang juga arsitek nasional, Ir. Eko Prawoto, M.Arch., yang memaparkan berbagai permasalahan yang dihadapi negara-negara di dunia termasuk Indonesia. Menurut Eko Prawoto, terdapat lima faktor yang membuat perubahan menjadi sangat ekstrem, dan salah satunya adalah kecepatan. Dunia sangat cepat berubah, semua hal dapat menjadi  komoditas dan dijual. Eko Prawoto memaparkan bahwa untuk menyelesaikan permasalahan ini kita dapat memulai dari tradisi. “Program S-2 Arsitektur UKDW membawa mahasiswa untuk dapat membuat dan berkonstribusi pada kehidupan yang lebih jelas, bukan hanya terfokus pada gelarnya”, lanjut Eko  Prawoto dalam pemaparannya yang berjudul The World We Live.

Acara pembukaan program Magister Arsitektur UKDW kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Rektor UKDW, dan diakhiri dengan ramah tamah tamu undangan. (monang)