"Education is all a matter of building bridges. (Ralph Ellison)"


Berita UKDW


Berita UKDWRSS

TwitterFacebook

Kamis, 17 September 2015

Kerjasama UKDW dan Namseoul dalam Experiencing Glass World 2015

Dalam rangka Dies Natalis UKDW ke-53, Program Studi Desain Produk, Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Kristen Duta Wacana bekerjasama dengan Program Studi Glass Art & Design, Namseoul University Korea mengadakan seminar dan pelatihan keterampilan pengolahan kaca yang dibawakan oleh Prof. Koh, Seong-hee selaku Direktur Glass Art & Design, dan Prof. Lee, Yongphill dari Namseoul University di Korea. Rangkaian acara ini digelar selama 3 hari (14-16 September 2015), beberapa mahasiswa dan mahasiswi Namseoul University juga turut diterjunkan untuk membantu workshop kaca ini.

Menurut Prof. Koh, Laboratorium kaca di Namseoul University, Korea memiliki berbagai fasilitas pengolahan kaca lengkap dengan teknologi tinggi, akan tetapi berdasar sejarahnya, Indonesia memiliki akar dalam budaya mengolah kaca. Oleh karena itu, ia memilih Indonesia sebagai partner kerja sama dalam mengembangkan seni dan desain berbasis material kaca. Ivan Bestari, salah satu alumni Program Studi Desain Produk UKDW yang saat ini berprofesi sebagai seniman kaca profesional, juga turut berkontribusi sebagai mitra dalam acara ini. Ivan mengatakan bahwa hingga saat ini Indonesia belum memiliki banyak seniman maupun desainer kaca yang dikenal dunia. Hal ini juga yang membuat Ivan tertarik untuk menggeluti dunia kaca, beberapa karyanya juga telah dipamerkan ke beberapa negara Asia dan Eropa.

Sementara dalam pelatihan ini mahasiswa Desain Produk UKDW diajarkan bagaimana cara membuat sebuah produk berbahan kaca dengan teknik flamework atau disebut juga lampwork. “Sekitar 6 tabung elpiji dan oksigen industri dipakai untuk memenuhi kebutuhan 60 peserta. Pelatihan ini diadakan selama 2 hari di studio Desain Produk, hasil kerja peserta akan kami dokumentasikan dan dapat dibawa pulang oleh peserta.” kata Kristian Oentoro, M.Ds., Dosen Desain Produk UKDW sekaligus koordinator program kerja sama ini. (Kristian Oentoro)