"Education is not preparation for life, education is life itself. (John Dewey)"


Berita UKDW


Berita UKDWRSS

TwitterFacebook

Selasa, 08 September 2015

PENANDATANGANAN MoU UKDW dan IAI

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) mengambil kesepakatan dalam bentuk MoU Pendidikan Profesi Arsitek (PPArs) antara UKDW dan IAI. Penandatanganan dilakukan di Ruang rapat Rektorat Universitas Kristen Duta Wacana pada hari Jumat, 4 September 2015. Penandatanganan yang dilakukan pada pukul 13.00 dihadiri Ketua Umum IAI, Ir. Munichy B Edrees, M.Arch, IAI, Ketua II IAI DIY, Adishakti, IAI, Sekretaris IAI DIY Marzal Rakhmadi, Bendahara IAI DIY Ir. Lucida, IAI dan Cinthyaningtyas Meytasari, Dan Staf sekretariat IAI DIY, Rina Septiana. Dari Pihak UKDW dihadiri Rektor UKDW, Ir. Henry Feriadi, Ph.D., Kaprodi T. Arsitektur Dr.-Ing. Gregorius S Wuryanto, S.T., M.Arch., Kaprodi Desain Produk, Ir. Eddy Christianto, M.T.,IAI dan staff dosen Prodi Teknik Arsitektur Freddy Marihot R Nainggolan, S.T., M.T.,IAI, yang memandu jalannya Penandatanganan MoU tersebut.

“Penandatanganan MoU diawali dengan kata sambutan dari Ketua Umum IAI, dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Rektor UKDW. Pendidikan Profesi Arsitek ini merupakan program lanjutan bagi Sarjana Teknik Arsitektur untuk dapat memperoleh gelar Ars sebagai lisensi profesi Arsitek di Indonesia. Menurut Ir Munichy B Edrees, IAI, dalam UU DIKTI setiap Perguruan tinggi yang memiliki program studi yang berbasis profesi harus mengadakan Program pendidikan profesi untuk prodi tersebut” tutur Freddy Nainggolan. Ditambahkan Freddy, “menyongsong disahkannya UU Arsitek, betapa pentingnya pendidikan ini untuk memperlengkapi para sarjana Arsitektur untuk siap menjadi professional dan memiliki kemampuan bersaing dengan tenaga ahli dari manca Negara. Pendidikan profesi ini akan meluluskan arsitek-arsitek yang memiliki kemampuan berpraktek, karena dalam Kurikulum Pendidikan Profesi ini akan terdapat juga magang dalam Konsultan-konsultan yang terpercaya. Dan Juga akan sangat erat bersinergi dengan program-program IAI Daerah”.

Sementara Rektor UKDW, Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D. menuturkan bahwa persiapan cepat akan segera dilakukan agar Program ini segera bisa dimulai di UKDW, Sosialisasi yang pernah dilakukan pada tanggal 24 Agustus 2015 bekerjasama dengan LPJK merupakan bagian awal dari persiapan pembukaan Program Pendidikan Profesi Arsitek ini. Menambahkan, Kaprodi Teknik Arsitektur Dr.-Ing. Gregorius S Wuryanto, M.Arch. mengharapkan kedepan Program ini akan terbuka sehingga peserta program ini tidak hanya lulusan dari Teknik Arsitektur UKDW tetapi juga lulusan dari Program Studi Teknik Arsitektur di Universitas lain.

“Menindak lanjuti penandatanganan MoU ini maka UKDW dan Fakultas Arsitektur dan Desain akan segera melakukan persiapan-persiapan pembukaan Pendidikan Profesi Arsitek ini. Dalam waktu dekat akan diaddakan juga pembahasan Kurikulum Pendidikan Profesi Arsitek antara IAI dengan Perguruan Tinggi-Perguruan tinggi se Indonesia yang telah menyelenggarakan Program Pendidikan Profesi Arsitek”, pungkas Freddy. (Freddy Marihot R Nainggolan)