"Striving for peace, freedom, righteousness, and justice based on love."


Berita UKDW


Berita UKDWRSS

TwitterFacebook

Minggu, 23 Agustus 2015

Tim Debat UKDW Raih Juara Nasional NUDC 2015

Pontianak, 23 Agustus 2015

Kompetisi bergengsi antar universitas, National University Debating Championship (NUDC), telah diselenggarakan pada tanggal 19-24 Agustus 2015 di Universitas Tanjungpura, Pontianak. Rangkaian kompetisi ini diawali dari seleksi regional (tingkat kopertis). Pada tingkat regional, kopertis V mengambil 8 tim terbaik untuk dikirim mewakili DIY di tingkat nasional. Pada tingkat nasional, tim-tim terbaik akan dikirim mewakili Indonesia dalam ajang World University Debating Championship (WUDC).

Setelah bertahun-tahun perjuangan UKDW terhenti di tingkat regional, tahun ini UKDW mengirimkan tiga mahasiswa yang terdiri dari tim debat Bahasa Inggris UKDW yang diwakili oleh Moditiko Pradana (Theology, 2011), Stefanus Paulus (Bioteknologi, 2011), dan Patricia Dissy Andrea (Kedokteran, 2013) berhasil lolos hingga tingkat nasional. NUDC tingkat nasional ini diikuti oleh 112 tim yang merupakan perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia. Pada babak penyisihan, Tim UKDW berhasil mengalahkan beberapa tim kuat, salah satunya Atma Jaya Jakarta.

Di akhir babak penyisihan, tim UKDW yang tidak termasuk unggulan dinyatakan lolos ke babak final kategori Novice (pemula). Setelah melalui babak Quarterfinal dan Semifinal, UKDW berhasil mendapatkan tiket untuk bertanding dalam babak Grand Final kategori Novice melawan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Padang (UN Padang), dan Universitas Lambung Mangkurat. Pertandingan di babak Grand Final untuk memperebutkan juara 1,2, dan 3 kategori Noviceberlangsung cukup menegangkan. Hal yang sama terjadi pada Grand Final pada kategori utama antara Atma Jaya Jakarta, UGM, UI dan Universitas Brawijaya.

Pada kategori utama, UGM berhasil menjadi juara 1 diikuti oleh Atma Jaya Jakarta dan UI sebagai juara 2 dan 3. Sedangkan pada kategori Novice, UKDW berhasil mencetak sejarah baru dengan menduduki peringkat pertama, sementara peringkat kedua dan ketiga diisi oleh UNJ dan UN Padang. Hal ini menjadi prestasi besar bagi Kopertis V (DIY) mengingat juara dari setiap kategori diraih oleh tim dari DIY.

Seluruh civitas akademika UKDW bersama dengan masyarakat DIY patut berbangga atas prestasi yang diraih pada kompetisi bergengsi ini. Mari kita jadikan momentum ini sebagai motivasi yang baik dalam segenap usaha melakukan yang terbaik (striving for Excellence) dan untuk terus mencetak prestasi dalam segala bidang ilmu terutama Debat Bahasa Inggris.  (Oleh: NarimaHapsari/PatriciaDissyAndrea)