"Education is not the answer to the question. Education is the means to the answer to all questions. (William Allin)"


Berita UKDW


Berita UKDWRSS

TwitterFacebook

Selasa, 18 Agustus 2015

LULUSAN UKDW KOMPETEN dan BANYAK DIMINATI PERUSAHAAN

Salah satu indikator keberhasilan proses pendidikian perguruan tinggi umumnya dilihat berdasarkan aspek relevansi lulusan di dunia kerja. Perguruan Tinggi dituntut untuk mampu menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing, kompeten dan mampu berkontribusi dalam setiap aspek pembangunan. 

Keberadaan para alumni, khususnya kemampuan mereka dalam mendapatkan atau menciptakan lapangan kerja serta keberhasilan mereka dalam dunia kerja merupakan indikator  penting keberhasilan sebuah perguruan tinggi, dan mempunyai poin tinggi dalam akreditasi yang dilakukan pemerintah (Badan Akreditasi Nasional) baik itu akreditasi untuk program studi maupun institusi.

Bagi UKDW, alumni mempunyai peran penting sebagai katalis dengan memberikan berbagai masukan kritis, membangun bagi pengembangan kurikulum dan berbagai program softskill maupun sarana prasarana pembelajaran, sebagai ujung tombak pengembangan jejaring kerjasama serta berperan sebagai lokomotif  bagi yuniornya berkompetisi di dunia kerja, keberadaan alumni dengan berbagai karier, profesi dan usaha akan  memberikan gambaran serta inspirasi kepada para mahasiswa tentang gambaran prospek karier.

Untuk itu maka secara konsisten dan regular setiap tahunnya UKDW menyelenggarakan program Tracer Study, yang ditujukan untuk melacak status lulusan setelah setahun diwisuda untuk mengetahui proses, kecepatan mendapatkan pekerjaan, relevansi kurikulum dengan pekerjaan serta mendapatkan berbagai masukan dari alumni baik dalam content kurikulum maupun berbagai program softskill yang sudah dikembangkan baik oleh prodi maupun universitas.

Program tracer study, dalam pelaksanaannya dikoordinir oleh Pusat Penempatan kerja dan Pengembangan Kewirausahaan (PPKPK) UKDW dan  dilaksanakan secara terus menerus mulai tahun 2013 serta mendapatkan dukungan dana pemerintah melalui penerimaan Hibah Pengembangan Pusat Karier Tracer Study dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk tahun 2015 ini, tracer study dilakukan dengan metode survey yaitu dengan distribusi kuisener yang telah didesain secara khusus dengan mengacu pada ketentuan-ketentuan yang diatur oleh Ditjen Dikti Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta kepentingan prodi dan universitas kepada alumni tahun lulus 2013.

Penyebaran informasi program tracer study dilakukan baik melalui telpon, email serta jejaring sosial, penyelenggaraan sarasehan alumni dan user, serta alumni gathering yang diselenggarakan di berberapa kota basis alumni seperti di kota Jakarta, Yogyakarta dan Kupang.  Sementara untuk pengisian kuisener tracer study oleh alumni dapat dilakukan secara online dengan mengakses website universitas atau mengisi form secara langsung pada saat alumni gathering.

Terkait hal tersebut maka pada 7-8 agustus 2015, Tim Tracer Study UKDW yang dipimpin oleh Ketua PPKPK Ibu Ambar Kusuma Astuti serta didampingi oleh Wakil Rektor III Bapak Joko Purwadi serta semua Wakil Dekan III masing-masing Fakultas (Bapak Djoko Rahardjo, Parmonangan Manurung, Willy Sudiarto Raharjo, Djoko Prasetyo dan Ibu Agustini) menjalankan program tracer study ke Jakarta untuk melakukan evaluasi tingkat kepuasan pengguna lulusan dengan mengunjungi beberapa instansi dan perusahaan seperti BPK Penabur, BCA, Indomaret, PT. Adicipta Teknologi Inovasi, PT ITS Science dan PT. Kreasi Handal Selaras.

Dari pertemuan dengan user secara umum alumni UKDW komptensi yang memadai, dari sisi hardskill sudah sangat cukup dan kompeten di dunia kerja, namun dari aspek softskill masih perlu ditingkatkan lagi khususnya dalam aspek komunikasi, rasa percaya diri dan kemampuan dalam berorganisasi dan kerjasama dalam tim, sebagaimana disampaikan oleh Bapak Daniel Adinugraha (HRD. PT. Adicipta Teknologi Inovasi), Bapak Ir. Winfried Prayodi, M.Th (Direktur Pelaksana BPK. Penabur), Direktur Utama PT. Kreasi Handal Selaras, Bapak Ir. Ahmad Syiham, serta Bapak Rizal Achmadi, Country Manager PT. ITS Science Indonesia.

Selain kunjungan ke perusahaan dan instansi Tim Tracer Study juga menyelenggarakan alumni gathering di Pantai Karnival Ancol yang dihadiri lebih dari 70  alumni yang berasal dari berbagai program studi . Dari pertemuan tersebut banyak dihimpun masukan berharga dari alumni, antara lain disampaikan oleh saudara Aprianto  lulusan dari Bioteknologi yang saat ini bekerja di Taman Nasional Wasur Papua dan sedang mempersiapkasn studi lanjut ke USA, bahwa lulusan UKDW sudah dapat berkompetisi dengan lulusan yang berasal dari berbagai perguruan tinggi ternama dan kompeten dibidangnya, namun fakultas dan universitas diharapkan tetap terus memperbarui content kurikulum dan metode pengajarannya yang disesuaikan dengan kemajuan teknologi, perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan dunia kerja, hal yang sama juga disampaikan oleh saudari Wini Sesaria Riwu, alumni Teknik Informatika yang bekerja di IBM. Informasi dari pengguna lulusan serta testimoni para lulusan menjadi masukan yang sangat berharga dan dibutuhkan oleh prodi/fakultas dan universitas sebagai bahan evaluasi dan pengembangan kurikulum prodi serta evaluasi dan pengembangan program softskill.

Terkait hal ini pimpinan UKDW, berkomitmen untuk terus memperbaiki kualitas pembelajaran melalui perbaikan kurikulum, peningkatan kualitas sarana dan prasarana, peningkatan kualitas pengajar, dll  sehingga kompetensi lulusan terus dapat ditingkatkan kualitasnya sehingga lulusan UKDW dapat dengan cepat terserap pasar dan kompeten dibidangnya. Semoga melalui penyelenggaraan program tracer study ini kualitas proses pembelajaran, kualitas lulusan serta jejaring kerjasama dapat terus ditingkatkan.

Ditulis oleh: Djoko Rahardjo-Wakil Dekan III Fak. Bioteknologi

(Tim Tracer Study UKDW)