"Striving for peace, freedom, righteousness, and justice based on love."


Berita UKDW


Berita UKDWRSS

TwitterFacebook

Senin, 24 Agustus 2015

Kuliah Umum Mata Kuliah Humaniora

Kata-kata Hans Kueng dan John W. Burton diatas mengingatkan bahwa perdamaian pada tataran dunia juga bermula dari unit komunitas yang terkecil dan ditunjang dari perdamaian antara komunitas umat berbagai agama. Di dalam sejarah bangsa Indonesia yang juga sampai saat ini masih berlangsung kekerasan demi kekerasan di berbagai daerah, bahkan di ibukota negara Republik Indonesia, Jakarta.

Mahasiswa adalah bagian dari komunitas bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai bidang ilmu, suku, agama, asal daerah dan di dalam taraf perkembangannya yang masih muda, secara langsung maupun tidak langsung, dihadapkan pada kompleksitas realitas kekerasankekerasan tersebut tentunya akan menyebabkan berbagai respon. Dari respon yang apatis sampai dengan benih-benih berbagai bentuk respon kekerasan di waktu yang akan datang. Di sisi lain, mahasiswa sebagai bagian komunitas intelektual, dan calon pengubah komunitasnya di masa depan, diharapkan menjadi salah satu pemangku peran di dalam membangun perdamaian demi kesejahteraan bersama seluruh umat manusia. Dan di dalam hal ini, para mahasiswa diharapkan dapat menjadi bagian dari pemangku peran tersebut.

Melalui kuliah umum ini/ sharing dari pengalaman para praktisi/ nara sumber ini, mahasiswa diharapkan mampu memanfaatkan berbagai pengalaman dan pemikiran kritis itu sebagai sarana pengembangan kedewasaan kepribadiannya guna membangun perdamaian di dalam kemajemukan hidup beragama.

 Tujuan Kuliah Umum:

1. Mahasiswa mengetahui dan memahami sebagian realitas sosial politik keagamaan yang terjadi di dalam masyarakat Indonesia yang plural dan multikultural dari pengalaman para praktisi dalam jejaring antar-iman Institut Dian/ Interfidei, Yogyakarta

2. Mahasiswa tergerak untuk merespon realitas sosial politik keagamaan dengan sikap yang dialogis ekumenis di dalam kehidupan intra/ antar umat beragama untuk membangun perdamaian demi meningkatan kesejahteraan bersama umat manusia.

3. Mahasiswa mulai memikirkan sumbangan keilmuan/ keprofesiannya di kelak kemudian hari bagi perdamaian yang “utuh” (Positive Peace, Johan Galtung)

Bentuk Kegiatan: Sharing dan Panel diskusi dengan para nara sumber

Peserta Mahasiswa UKDW semester I (dan beberapa dari semester diatasnya)

Hari, tanggal /Jam: Sabtu, 29 Agustus 2015, pkl. 09.30 – 12.00 WIB

Tempat : Auditorium Koinonia, Universitas Kristen Duta Wacana Jl. Dr. Wahidin No. 5 – 25 Yogyakarta 55224

(Pratomo N.S - MKH)