"Education is all a matter of building bridges. (Ralph Ellison)"


Diskripsi Singkat

Masyarakat Indonesia saat ini ditandai dengan mobilitas di berbagai bidang yang tinggi dan cepat akibat berbagai perubahan dan perkembangan teknologi yang ada, yang bisa memberikan dampak positif maupun negatif. Kondisi ini bisa menjadi semakin rumit oleh fakta keberagaman agama, suku, dan golongan dalam masyarakat Indonesia, yang tidak jarang menjadi sumber konflik. Belum lagi dengan kecenderungan masyarakat yang menggunakan kekerasan untuk menyelesaikan persoalan.

UKDW secara umum dan Fakultas Teologi khususnya, terpanggil untuk memberi tanggapan terhadap persoalan dan kebutuhan tersebut dalam koridor pergumulan bergereja dan bermasyarakat. Untuk itulan Prodi S-2 Ilmu Teologi mengembangkan prodinya dalam empat bidang munat, termasuk bidang minat Studi Perdamaian (Master of Arts in Peace Studies) dan bidang minat Teologi Praktis (Master of Arts in Practical Theology).

Ijin Penyelenggaraan Prodi S-2 Kajian Konflik dan Perdamaian dari Dirken DIKTI terbit pada tanggal 29 April 2014 Nomor 51/E/O/2014. Prodi ini dikelola oleh Fakultas Teologi UKDW dengan 2 bidang minat yaitu Studi Perdamaian (MAPS) dan Teologi Praktis (MAPT).


ELIGIBILITAS

PEJABAT DAN DOSEN

 

VISI, MISI, DAN TUJUAN

KOMPETENSI LULUSAN  

KURIKULUM

MASA STUDI

KEGIATAN RUTIN

FASILITAS PENDUKUNG

Eligibilitas

Nama Fakultas Teologi
Nama Prodi Pascasarjana S-2 Kajian Konflik dan Perdamaian
Pertama Kali Operasional April 2014
Gelar Lulusan Magister Sains (M.Si.)
Alamat : Kantor Pascasarjana Ilmu Teologi
  gedung Agape lantai 4,
  Jl. Dr. Wahidin 5-25 Yogyakarta 55224
Telp : (+62) 274 563929 ext 460
Mobile : (+62) 853 1818 5552
Fax : (+62) 274 8509590
Website http://www.ukdw.ac.id/s-2-kajian-konflik-perdamaian
Email : pascasarjana_fth@staff.ukdw.ac.id

 

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi

Menjadi program studi Magister lintas ilmu tentang perdamaian yang menjadi rujukan utama gereja-gereja dan masyarakat Indonesia dalam pengembang-an kajian konflik dan perdamaian antar iman untuk membangun gereja maupun masyarakat umum di Indonesia.

Misi

  1. Mengembangkan wacana maupun sumber daya manusia dalam bidang kajian konflik perdamaian antar iman bagi pembangunan gereja maupun mayarakat.
  2. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam hal pengelolaan konflik, upaya perdamaian dan peningkatan keterlibatan jemaat dalam kehidupan bersama dengan masyarakat yang plural.
  3. Menyelenggarakan penelitian lapangan dan literatur dalam bidang kajian konflik, perdamaian antar iman bagi pembangunan gereja maupun masyarakat.

Tujuan

  1. Terwujudnya program studi yang menjadi rujukan utama gereja-gereja dan masyarakat umum di bidang kajian konflik perdamaian antar iman untuk pembangunan Gereja maupun masyarakat umum.
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional dalam bidangnya dan memiliki spiritualitas integritas, dan praktis pelayanan yang handal untuk memenuhi kebutuhan fasilitator dan kepemimpinan gereja, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat sipil secara luas.
  3. Memadukan teori dan profesionalisme lintas iman dalam pengembangan pembangunan Gereja maupun masyarakat berbasis perdamaian antar iman.
  4. Menghasilkan temuan-temuan hasil penelitian terhadap persoalan-persoalan dalam gereja dan masyarakat dalam rangka mengembangkan program studi Kajian Konflik dan Perdamaian antar iman.
  5. Terlaksananya program pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat melalui program penelitian, penyuluhan, pelatihan, seminar dan kerjasama dengan berbagai pihak dalam bidang Kajian Konflik dan Perdamaian antar iman. 

 

Kompetensi Lulusan  

  1. Pengetahuan :
    1. Menguasai teori-teori pembangunan jemaat dan/atau pembangunan masyarakat untuk menganalisis serta merefleksikan isu-isu teologis dan atau sosial untuk perdamaian.
    2. Memiliki pengetahuan dalam mengaplikasi teori-teori untuk pembangunan jemaat dan/atau masyarakat untuk perdamaian.
    3. Menguasai kaidah-kaidah penelitian terapan dengan tujuan menggerakan jemaat dan/atau masyarakat (action based research) untuk pembangunan jemaat dan/atau masyarakat berwawasan damai.
  2. Keterampilan Khusus:
    1. Mampu mengembangkan kemampuan analitis lintas ilmu dalam konteks jemaat dan/atau masyarakat terkait isu-isu teologis dan/atau sosial.
    2. Mampu mengembangkan dan mengaplikasikan teori-teori pembangunan jemaat dan/atau masyarakat dalam rangka mentransformasi jemaat dan/atau masyarakat untuk perdamaian.
    3. Mampu melaksanakan penelitian-penelitian terapan yang menggerakkan jemaat dan/atau masyarakat untuk mengembangkan komunitas berwawasan damai.
    4. Mampu memimpin program-program pembangunan jemaat dan/atau pembangunan masyarakat berwawasan damai termasuk pelaksanaan monitor dan evaluasinya.
  3. Kemampuan:
    1. Facilitator: Memfasilitasi program-program pemberdayaan jemaat dan/atau masyarakat untuk membangun dan mengembang-kan diri menjadi jemaat/masyarakat berwawasan damai.
    2. Leader: Memberdayakan dan menggerakkan jemaat dan/atau masyarakat untuk pembangunan jemaat/pembangunan masyarakat berwawasan damai.

 

Kurikulum

1. Bidang minat Studi Perdamaian

Bidang minat Studi Perdamaian diperuntukkan bagi para Sarjana S-1 berbagai bidang ilmu dan para praktisi keagamaan, organisasi non pemerintah, pegawai negeri sipil atau masyarakat umum dari latar belakang agama, suku dan golongan mana pun juga yang ingin mengembangkan pengetahuan dan ketrampilannya dalam pelayanan perdamaian interkulutural yang kontekstual melalui berbagai profesi di sektor publik maupun swasta.

Sebelum perkuliahan dimulai, akan diadakan Kuliah Persiapan yaitu di bulan Agustus selama satu minggu. Persiapan tersebut berisi 3 Mata Kuliah @ 2 SKS, termasuk Penjelasan Sistem Perkuliahan :

  1. Profesionalisme Praktisi Perdamaian
  2. Metode Penelitian Lintas Ilmu
  3. Spiritualitas Perdamaian
  4. Penjelasan Sistem Perkuliahan (informasi, bukan mata kuliah)

Setiap mahasiswa wajib menyelesaikan 45 SKS yang terdiri dari: 36 SKS matakuliah (reguler), 2 SKS Bimbingan Tesis (pra-tesis), dan 7 SKS Tesis. Alur mata kuliahnya diatur sebagai berikut:

Sem. Matakuliah SKS
I Pemahaman Dasar Tentang Konflik dan Perdamaian
IA (Oktober) Teori-teori Konflik dan  Perdamaian  
Perdamaian dan Konflik Berbasis Identitas  
IB (Januari) Pengembangan Perdamaian Lintas Agama  
Teori-teori Pembangunan Masyarakat  
II

Keterampilan Transformasi Konflik

IIA (April) Pemetaan dan Analisis Konflik  
Manajemen dan Evaluasi Program Perdamaian  
IIB (Juni) Mediasi Konflik  
Simpul Pulih  
III Pembangunan Komunitas Damai Berkelanjutan
IIIA (Oktober) Pembangunan Komunitas Berwawasan Damai  
Pendidikan Perdamaian  
IIIB (Januari) Pengurangan Resiko Bencana  
Perempuan dan Pengembangan Perdamaian  
IV

Finishing Tugas Akhir (Februari – Juni)

Bimbingan Tesis 

 

 

2. Bidang minat Studi Perdamaian

Bidang minat Teologi Praktis diperuntukkan bagi para Sarjana Sains Ilmu Teologi yang ingin mengembangkan pengetahuan dan ketrampilannya untuk membangun komunitas/jemaat yang berwawasan damai secara sistematis dan komprehensif melalui pengaplikasian berbagai teori dan metode teologi praktis kontekstual. Tujuan minat studi ini adalah meningkatkan profesionalisme lulusan sehingga dapat menjalankan pelayanan gerejawi secara kreatif, inklusif dan inovatif bagi kehidupan jemaat.

Sebelum perkuliahan dimulai, akan diadakan Persiapan yaitu di bulan Agustus selama satu minggu. Persiapan tersebut berisi 3 Mata Kuliah @ 2 SKS, termasuk penjelasan Sistem Perkuliahan:

  1. Spiritualitas Panggilan
  2. Metode Penelitian Lintas Ilmu
  3. Introduksi Profesionalisme Kependetaan
  4. Penjelasan Sistem Perkuliahan (informasi, bukan mata kuliah)

Setiap mahasiswa wajib menyelesaikan 45 SKS yang terdiri dari: 36 SKS matakuliah (reguler), 2 SKS Bimbingan Tesis (pra-tesis), dan 7 SKS Tesis. Alur mata kuliahnya diatur sebagai berikut:

Sem. Matakuliah SKS
I CREATIVE MINISTRY
IA (Oktober) Penciptaan, Kreatifitas dan Pembaruan  
Ibadah Kreatif  
IB (Januari) Pendidikan Kristiani Bagi Generasi Muda  
Kepemimpinan Gereja Yang Kreatif  
II

INCLUSIVE MINISTRY

IIA (April) Teologi Alkitab tentang Relasi Lintas Iman dan Tradisi  
Spiritualitas, Etika & Tradisi Etnis  
IIB (Juni) Pelayanan Pastoral Lintas Iman dan Denominasi  
Misi dan Penginjilan Pascakolonial  
III HEALING MINISTRY
IIIA (Oktober) Alkitab dan Eksorsisme  
Pelayanan Gerejawi untuk Penyehatan  
IIIB (Januari) Konflik, Pemulihan Diri & Komunitas  
Metode-metode Trauma Healing  
IV

Finishing Tugas Akhir (Februari – Juni)

Bimbingan Tesis 

 

Masa Studi

Minat studi Teologi Praktis yang mensyaratkan penyelesaian studi dengan beban 45 SKS sudah termasuk Tesis, yang dapat diselesaikan selama empat semester atau dua tahun sejak terdaftar sebagai mahasiswa. Batas waktu studi adalah maksimal enam semester atau tiga tahun.

Kegiatan Rutin

  1. Ibadah Pengantar PA
  2. Diskusi Teologis
  3. Persekutuan Mahasiswa Pascasarjana

Fasilitas Pendukung

  1. Perpustakaan: Mahasiswa Pascasarjana mempunyai akses ke perpustakaan umum UKDW yang telah dikomputerisasi dan sedang dalam proses pengembangan untuk menjadi digital library, bertempat di Gedung Biblos Lantai 1. Selain perpustakaan umum, di lantai 2 juga tersedia perpustakaan khusus pascasarjana teologi yang menyediakan buku-buku referensi dan literatur lain yang digunakan dalam perkuliahan dan penelitian pada program pascasarjana serta dilengkapi dengan bilik/ruang baca (full AC) dan terkoneksi dengan jaringan internet. Informasi terlengkap tentang Perpustakaan UKDW dapat diakses melalui Website: http://library.ukdw.ac.id. Mahasiswa juga dapat memanfaatkan perpustakaan Kolese St. Ignatius, yang terletak tidak jauh dari Kampus UKDW.
  2. Ruang Koleksi Buku Khusus: Bagi mahasiswa pascasarjana disediakan pula ruang koleksi buku khusus yang terdapat di Gedung Agape Lt.4. Ruang koleksi buku khusus ini berisi literatur dalam Bahasa Inggris terbaru (3 tahun terakhir) dalam bentuk hard copy dan soft copy (e-book dalam server). Selain koleksi buku khusus, di ruang yang sama juga terdapat Skripsi, Tesis, dan Disertasi mahasiswa Fakultas Teologi UKDW untuk setiap angkatan, juga tersedia sejumlah unit komputer yang dilengkapi dengan fasilitas internet dan printer. Setiap mahasiswa pascasarjana dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan di ruang Koleksi Buku Khusus secara bebas dan bertanggungjawab.
  3. Ruang perkuliahan, ruang diskusi, ruang seminar
  4. Students’ Self Access Terminal (SSAT) merupakan layanan bagi mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana yang memungkinkan mahasiswa untuk mengakses data akademik berupa pengambilan mata kuliah, hasil studi, daftar nilai, biodata, serta mengirimkan email kepada wali studinya.
  5. E-Class: Setelah memenuhi sejumlah kewajiban registrasi, setiap mahasiswa aktif dapat memanfaatkan fasilitas E-Class yang di dalamnya terdapat daftar peserta kuliah, kolom untuk diskusi, materi perkuliahan, pengumuman-pengumuman, tugas-tugas, asisten, dan kolom nilai. Mahasiswa dan dosen dapat memanfaatkan E-Class tanpa harus bertatap muka di kelas.   
  6. Akses Internet (WiFi)
  7. Kompleks DP3S (Divisi Pendidikan Profesional dan Pengembangan Spiritualitas) yang terletak di jalan UKDW Seturan adalah asrama, guest house, laboratorium musik, kapel dan ruang-ruang seminar. 

Pejabat dan Dosen

Theologia-02-Handi-Hadiwitanto

Handi Hadiwitanto, Ph.D
Teologi Praktis - Pembangunan Jemaat
Pendeta GKI
Ketua Program Studi S-2 Ilmu Teologi & S-2 Kajian Konflik dan Perdamaian
hadiwitanto@ukdw.ac.id

Theologia-23-Paulus-S-Widjaja Paulus Sugeng Widjaja, MAPS, Ph.D.
Teologi Politis, Teologi Perdamaian
Pendeta GKMI
psw.dosen@gmail.com

Theologia-24-Asnath-Niwa-Natar Dr. Asnath Niwa Natar, M.Th.
Pastoral dan Teologi Feminis
Pendeta GKS
asnath@ukdw.ac.id

davidwid Dr. David Widihandojo
Political Economics
david.widihandojo@gmail.com
 

Theologia-11-Daniel-K-Listijabudi Daniel K. Listijabudi, Ph.D
Studi Alkitab
Pendeta GKMI
 

Theologia-01-Wahju-Satria-Wibowo Wahju Satrio Wibowo, Ph.D
Filsafat dan teologi Konstruktif
Pendeta GKP
wswibowo@staff.ukdw.ac.id

 

Pegawai Penunjang Akademik 

niken Niken Juhari, A.Md.
Administrasi 
nikenjuhari@staff.ukdw.ac.id
 

Indah Susanty Panggabean, S.Si. Indah Susanty Panggabean, S.Si.
Staf Profesional
indah@ukdw.ac.id