"Education is not the answer to the question. Education is the means to the answer to all questions. (William Allin)"


Visi dan Misi


Maju dan Berkembang Bersama UKDW

UKDW terus maju berkembang menuju universitas kelas dunia dengan terus menerus memperjuangkan nilai-nilai dasar:

Mentaati Allah

Melangkah dengan integritas

Melakukan yang terbaik

Melayani dunia yang pluralistik


Visi dan Misi Universitas Kristen Duta Wacana

Visi :

Menjadi universitas Kristen unggul dan terpercaya yang melahirkan generasi profesional mandiri bagi dunia pluralistik berdasarkan kasih.

Misi :

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran berbasis riset, serta mengembangkan sumber daya manusia yang profesional, mandiri, dan terpercaya.
  • Melakukan riset berbasis kewirausahaan untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, sosial kemanusiaan, teologi dan seni yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.
  • Berpatisipasi dalam pengembangan masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing yang dijiwai semangat kewirausahaan.
  • Mengembangkan iklim pembelajaran yang mampu meningkatkan daya penalaran dan kepekaan dalam menghadapi lingkungan yang selalu berubah, sehigga menumbuhkan kemandirian serta perilaku kreatif dan inovatif.
  • Mengembangkan sistem pengelolaan kelembagaan yang akuntabel didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi.
  • Mengembangkan sistem penjaminan mutu institusi secara berkelanjutan untuk meningkatkan daya saing.
  • Memperluas jejaring yang mendukung otonomi universitas.

Universitas mempunyai lambang sebuah gunungan berbentuk segi lima yang berwarna dasar hitam, sebagai lambang Pancasila. Di dalamnya terdapat gambar Alkitab dengan warna putih berbingkai hitam, sebagai lambang iman yang Alkitabiah.

Perahu berwarna putih berbingkai hitam dan salib berwarna hitam sebagai lambang kehidupan yang ekumenis. Bulir padi berwarna kuning emas dan setangkai kapas berwarna putih hijau, sebagai lambang partisipasi Universitas dalam pembangunan nasional.

Lilin dan sinarnya yang berwarna putih, burung merpati berwarna putih berbingkai hitam, sebagai lambang pengakuan bahwa hanya Roh Kudus yang berkarya untuk mewujudkan semuanya. Di bagian paling bawah terdapat tulisan DUTA WACANA yang berwarna hitam di atas pita berwarna dasar krem, yang berarti Utusan Firman.