"What we want is to see the child in pursuit of knowledge, and not knowledge in pursuit of the child. (George Bernard Shaw)"


Lembaga Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat


Tentang LPPM

PENELITIAN, mengembangkan penelitian-penelitian monodidiplin dan multidisiplin terutama penelitian terapan yang berpihak pada kepentingan masyarakat.


PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, melakukan pelatihan khusus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam rangka menumbuhkan motivasi yang memacu pembangunan masyarakat.


JASA KONSULTASI, melakukan kegiatan-kegiatan konsultasi yang meliputi; studi, survey dan investigasi, perencanaan dan perancangan/desain, pelaksanaan fisik dan jasa, manajemen dan supervisi program.


MANAJEMEN HAKI, memberikan layanan konsultasi dalam pengelolaan asset intelektual; menyelenggarakan pelatihan untuk eksekutif perusahaan dalam bidang pengelolaan asset intelektual; dan memberi layanan yang menyeluruh dalam menangani pengelolaan asset intelektual yang dimiliki oleh suatu organisasi .


KEMITRAAN, mengembangkan jejaring (networking) serta menjadi jembatan antara kepakaran UKDW dengan kebutuhan dari luar (institusi pendidikan, pemerintahan, industri, baik di dalam maupun di luar negeri)



VISI DAN MISI LPPM

PEJABAT DAN STAFF

PELAYANAN KKN

PUBLIKASI HASIL PENELITIAN DAN PENGABDIAN

ARAH LPPM UKDW

TARGET SESUAI PERAN LPPM

VISI DAN MISI LPPM

Visi

Mengembangkan motivasi dan kemampuan sumber daya manusia dalam melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat secara profesional, inovatif dan bermutu berdasarkan kasih, kebenaran dan keadilan.

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen, karyawan, dan mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana.
  2. Memotivasi dosen, karyawan, dan mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat secara profesional, inovatif dan bermutu.
  3. Mengembangkan optimasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat melalui sharing informasi dan komunikasi  antar unit.
  4. Meningkatkan pelaksanaan kegiatan kerjasama dan, termasuk didalamnya upaya peningkatan motivasi, pelaksanaan sistim administrasi, promosi hasil-hasil penelitian dan pengabdian dan pengembangan kerjasama dengan berbagai pihak terkait.




Tujuan

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui proses pendidikan.
  2. Mengembangkan transformasi ilmiah menuju kemandirian masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  3. Memperoleh manfaat serta umpan balik bagi peningkatan kualitaspendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat UKDW.

Pelayanan KKN

KKN Reguler

Meliputi pelaksanaan KKN yang dilaksanakan secara reguler setiap semester Genap dengan asumsi akan dilaksanakan penuh pada saat akhir semester. Biasanya KKN ini ditempatkan di wilayah daerah istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. Sedangkan KKN tematik atau Service Learning dikerjasamakan dengan Beberapa Pemerintah Daerah misalnya Toraja, Wamena, Flores, Kalimantan, dst.

KKN Internasional

KKN internasional dilaksanakan dalam bentuk Yogyakarta Kampung Field School yang bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi lokal maupun perguruan tinggi dari luar negeri antara lain Australia, Korea, Amerika dst.

Publikasi Hasil Penelitian dan Pengabdian

Program ini merupakan suatu langkah sederhana tetapi strategis untuk memajukan pengembangan tridharma yang mencakup riset, pengabdian masyarakat. Hal ini tentu saja menjadi kebutuhan nyata yang multifungsi  dimana secara internal berperan mendorong kualitas SDM dan eksternal untuk mendorong publikasi hasil-hasil riset dan pengabdian dosen dalam berbagai bentuknya.

Arah LPPM UKDW

Posisi LPPM UKDW adalah menfasilitasi berbagai penelitian monodisiplin dan multidisiplin sehingga akan terjalin hubungan yang sinergis antar unit dilingkungan perguruan tinggi serta mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak terkait. Guna mewujudkan hal tersebut maka strategi yang ditempuh LPPM meliputi :

  1. Menciptakan suasana yang menjamin pengembangan iklim penelitian di UKDW menuju terwujudnya “entrepreneurial research university”, dengan empat arah akademik, yang mencakup : inovasi, integrasi, aplikasi, dan pengajaran.
  2. Menginformasikan hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dapat dikolaborasikan oleh berbagai elemen masyarakat dan konstituen terkai.
  3. Menciptakan sinergi baru yang memungkinkan pengembangan potensi masyarakat untuk mendorong, memotivasi, memunculkan potensi dan mengembangkan produktivitas sosial, budaya dan ekonomi yang memberdayakan masyarakat dalam bentuk tindakan nyata berupa penyediaan dan penyebaran informasi serta peluang pengembangan dan pemanfaatan IPTEKS.

Target Sesuai Peran LPPM

Jangka Pendek

  1. Mampu mengintegrasikan dalam hal koordinasi yang lebih baik antara fakultas/prodi, LPPM serta Unit terkait.
  2. Mampu meningkatkan kualitas SDM dalam penelitian dan pengabdian masyarakat terutama yang ditujukan kepada konstituen utama.
  3. Mampu mengolah data dan mengeluarkan informasi-informasi guna mendukung para pengambil keputusan.

Jangka Panjang

  1. Membangun Gudang Data (Data Ware House)  di bidang penelitian dan pengabdian yang terintegrasi di lingkungan Kampus UKDW.

 

Pejabat dan Staff

 

 

 

 

Nama

 

dr.The Maria Meiwati Widagdo,Ph.D

Jabatan Ketua
Email 1  maria_widagdo@staff.ukdw.ac.id
Email 2  

  Nama Mujiono,SE,MSc
Jabatan Sekretaris
Email 1  mujiono@staff.ukdw.ac.id
Email 2  

  Nama Serli Stiawaty,S.Si
Jabatan Divisi Penelitian
Email 1   serli.stiawaty@staff.ukdw.ac.id
Email 2  

  Nama Totok Pramujito,S.Sos
Jabatan Divisi Pengabdian
Email 1  totokpramujito@yahoo.com
Email 2  

  Nama Paulus Margono
Jabatan Divisi KKN
Email 1 nanok@staff.ukdw.ac.id
Email 2  

  Nama Verinda
Jabatan Divisi Sekretariatan & Bendahara
Email 1  verindac@yahoo.co.id
Email 2  


  Nama  
Jabatan  
Email 1  
Email 2