"Education is all a matter of building bridges. (Ralph Ellison)"


Nama Fakultas

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI


VISI DAN MISI

STRUKTUR DAN ORGANISASI

LATAR BELAKANG

Visi dan Misi

Visi

Pada tahun 2023 menjadi Fakultas yang unggul dan terpercaya di kawasan nasional untuk menghasilkan generasi profesional mandiri yang bertanggung-jawab dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi Informasi.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran di bidang ilmu
    pengetahuan dan teknologi Informasi dengan pendekatan interdisipliner;
  2. Melakukan riset pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
    Informasi secara inovatif, aplikatif dan berwawasan lingkungan;
  3. Mengimplementasikan Teknologi Informasi untuk memberdayakan
    masyarakat melalui program pengabdian masyarakat yang kontekstual;
  4. Menerapkan Teknologi Informasi untuk menumbuh-kembangkan
    kecakapan kepemimpinan, komunikasi, dan kewirausahaan;
  5. Memanfaatkan Teknologi Informasi untuk memperluas jejaring agar dapat
    mendukung proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian pada
    masyarakat.

 

Latar belakang

Pada periode tahun 1980an ke atas, perkembangan masyarakat di Indonesia cenderung disebut masyarakat agraris yang sedang menuju masyarakat industri, dan bergerak menuju masyarakat informasi. Pada tahun 1985 dan Dr. Judowibowo Poerwowidagdo, rektor pertama Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) melihat dan mempelajari perubahan yang terjadi yang diakibatkan perkembangan ilmu dan teknologi terutama teknologi informasi. Perubahan-perubahan tersebut jelas akan mengubah pola pikir manusia, pola pikir masyarakat dan gaya hidupnya akibat perubahan teknologi komunikasi yang terhubung keseluruh dunia melalui jaringan yang sekarang disebut Internet. Inilah yang sekarang disebut era Globalisasi, era dimana satu negara dengan negara yang lain saling pengaruh mempengaruhi dari segi ide, tatanan kehidupan, tatanan bernegara dan sebagainya yang mampu mengubah banyak tatanan yang dianggap sudah mapan di berbagai lapisan masyarakat dan negara.

Berdasarkan pengamatan tersebut dan untuk menjawab kebutuhan Sumber Daya Manusia yang handal bagi negeri ini, maka para pendiri universitas merasa perlu untuk membuka suatu program studi baru yaitu Teknik Informatika pada tahun 1986, dimana lulusanya diharapkan mampu mengisi dan menjawab kebutuhan tersebut. Pada waktu itu program studi ini diletakkan dibawah naungan fakultas Teknik yang sudah berdiri pada tahun 1985 bersamaan dengan berdirinya UKDW. Pada saat itu hanya ada satu perguruan tinggi yang menyelenggrakan pendidikan komputer, tetapi hanya setingkat Akademi (D-3), sementara untuk jenjang pendidikan Strata-1 (S-1), satupun belum ada di DI sehingga jurusan Teknik Informatika UKDW adalah yang pertama di DIY, bahkan mungkin di Jawa Tengah.

Dengan membuka jurusan Teknik Informatika, maka diperlukan kelengkapan infrastruktur baik bangunan maupun sarana prasarana pendukung pembelajaran. Dr.Judowibowo Poerwowidagdo bersama pengurus yayasan berusaha mencari bantuan dana baik dari dalam dan di luar negeri. Dari luar negeri bantuan tersebut diperoleh dari Jerman Barat, yakni EZE, suatu badan pembangunan yang didirikan oleh gereja-gereja Protestan yang dananya berasal dari pemerintah Jerman Barat.  Dari dalam negeri, dengan dukungan Bpk. Drs. Radius Prawiro, ikut menggerakkan banyak hati para usahawan dan masyarakat luas terutama para anggota gereja untuk membantu pendanaan UKDW yang kemudian disebut Para Sahabat-sahabat Duta Wacana. Mereka ikut membantu dana dan doa bagi kelangsungan hidup dan perkembangan UKDW sebagai tempat untuk menimba berbagai ilmu bagi para putra-putri Indonesia dari berbagai macam latar belakang agama, suku dan budaya.

Gagasan yang dinamakannya The New Breed of Professional telah menjadi kekuatan yang mempersatukan gerak dan langkah pendidikan di UKDW. Dengan itu diharapkan lulusan UKDW adalah lulusan yang professional mandiri, kreatif dan inovatif sesuai bidang studinya, memiliki solidaritas sosial yang tinggi, berkomitmen Kristiani serta mempunyai kesadaran lingkungan yang tinggi. Inilah yang menjadi ciri khas lulusan UKDW dibandingkan perguruan tinggi lainnya.

Pada awal berdirinya tahun 1986 jurusan Teknik Informatika ini telah mendapat sambutan yang cukup baik dari masyarakat sehingga di luar dugaan, jumlah mahasiswa yang diterima  sebanyak 116 mahasiswa. Selanjutnya mulai tahun 1987 dan seterusnya, mahasiswa jurusan Teknik Informatika UKDW semakin banyak. Dalam beberapa periode, satu angkatan mampu diterima sekitar 250 mahasiswa. Yang semakin menggembirakan, para lulusan atau para alumnusnya menunjukkan kinerja yang bagus dan memuaskan di mata berbagai perusahaan, antara lain Astra Recruitment Center yang kemudian secara rutin selalu merekrut para lulusan jurusan Teknik Informatika UKDW. Masyarakat luaspun turut serta mengapresiasi dan mempercayakan putra-putri mereka untuk dididik di UKDW khususnya di jurusan Teknik Informatika.

Karena semakin besarnya jurusan ini baik secara kuantitas maupun kualitas disamping tuntutan perkembangan ilmu komputer, maka akhirnya pada tahun 2005 dibukalah program studi baru yaitu Sistem Informasi untuk mendampingi Teknik Informatika. Seiring dengan berjalannya waktu, dirasa perlu untuk melakukan pengelolaan organisasi yang lebih tertata, lebih baik dan lebih mudah mengingat kesesuaian rumpun ilmu yang dikelola. Sehingga melalui rapat senat universitas dan ditetapkan oleh keputusan Yayasan bahwa  terhitung mulai 1 Januari 2011, ditetapkan sebuah Faklutas baru bernama FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI yang menaungi dua program studi masing-masing adalah TEKNIK INFORMATIKA dan SISTEM INFORMASI.

 

 

Struktur dan Organisasi

budsus Budi Susanto, S.Kom., M.T.
Dekan Fakultas Teknologi Informasi UKDW
budsus

gloria Gloria Virginia, S.Kom., MAI, Ph.D.
Wakil Dekan I Bidang Akademik (Ketua Program Studi) Teknik Informatika
gloria

Drs. Jong Jek Siang, M.Sc.
Wakil Dekan I Bidang Akademik (Ketua Program Studi) Sistem Informasi
jjs

Sistem-Informasi-13-Krisni-Noor Dra. Krisni Noor Patrianti, M.Hum.
Wakil Dekan II Bidang Keuangan FTI UKDW
krisni

willysr Willy Sudiarto Raharjo, S.Kom., M.Cs.
Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan)
willy